Gubernur Sumbar serahkan 50Kg Indukan Nila di Air Bangis

Gubernur Sumbar serahkan 50Kg Indukan Nila di Air Bangis

Share Berita :

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi serahkan 50 Kg Indukan Nila untuk Pokdakan di Kabupaten Pasaman Barat di dampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat Dr. Ir. Reti Wafda, M.Tp, Kamis (28/9/2023).

Turut hadir dalam acara ini Bupati Pasaman Barat H. Hamsuardi, S.Ag, Kepala Dinas Perikanan Pasaman Barat, Camat Kinali, Bamus Mudiak Labuah, Pj. Walinagari Mudiak Labuah, Kelompok Tani, Pokdakan, dan Kelompok Wanita Tani (KWT).


Dalam kunjungan kerja ini Gubernur memberikan bantuan Induk Unggul Ikan Nila dan Lele serta Pakan kepada Unit Pembenihan Rakyat (UPR) di Kecamatan Kinali. Paket bantuan yang diberikan yaitu Induk Ikan Nila sebanyak 50 Kg dan Pakannya sebanyak 200 Kg, sedangkan untuk Ikan Nila diberikan Calon Induk Ikan Nila sebanyak 400 ekor dan Pakannya sebanyak 200 Kg.


Dengan adanya bantuan Induk Unggul ini, Gubernur mengharapkan dapat meningkatkan produksi perikanan air tawar di Pasaman Barat khususnya UPR yang menerima paket bantuan ini. Rendahnya produksi benih selama ini disebabkan oleh induk yang digunakan merupakan induk yang didapat dari hasil pembesaran yang dianggap unggul sehingga terjadinya kawin sekerabat (inbreeding).

Tingkat keberhasilan dapat meningkat dari 20% menjadi 75% dengan menggunakan Induk Unggul ini.

”Diharapkan para pembudidaya disini dapat meningkatkan usaha budidaya ikan air tawar ini dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan. Kedepannya diharapkan Pasaman Barat ini dapat menjadi salah satu sentra Ikan lele dan Nila di Provinsi Sumatera Barat”. ujar Gubernur

dkpadmin 02 Oktober 2023 09:28:25 WIB 428