Aksi Bersih Pantai

Share Berita :

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat mengadakan gerakan aksi bersih pantai di Pantai air manis yang dihadiri langsung oleh Gubernur Sumatera Barat,kamis tanggal 18 Mei 2023. Kegiatan ini juga dihadiri beberapa OPD Provinsi dan Pemkot Padang TNI-Polri, CSR Semen Padang, UPT Pusat, perangkat nagari, kelompok nelayan dan beberapa pedagang di Pantai Air Manis.
Pantai Air Manis merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah. Nilai jual wisata bahari tentunya alam pantai dan laut serta pulau-pulau dengan fasilitas di pantai termasuk wisata kuliner Kegiatan Bersih Pantai ini merupakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat setempat agar selalu menjaga kebersihan pesisir.
Dalam laporan Kepala Dinas, Dr. Ir. Reti Wafda, M.T.P, disampaikan bahwa kegiatan Bersih Pantai merupakan program dinas yang rutin dilaksanakan. Saat ini dengan adanya Bank Sampah, sampah yang dikumpulkan dapat dijual, oleh karena itu sampah yang terkelola menjadi barang yang bernilai ekonomis.
Demikian juga dari Bank Sampah yang selama ini telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat (BPSPL dan Satwas PSDKP Bungus) , serta PT Semen Padang dalam pengelolaan sampah sehingga diharapkan Pemerintah menjadi role model bagi masyarakat dlm penanganan sampah.
PT. Semen Padang telah berkontribusi dalam memanfaatkan sampah sebagai bahan bakar. Di tahun 2024 Semen Padang akan bekerjasama dengan Pemko Padang dan Kementerian PUPR untuk membangun pembakaran khusus dari sampah.
Dalam arahannya, Gubernur Mahyeldi mengajak agar OPD berperan aktif dalam pemilahan sampah serta bekerjasama dengan Bank Sampah dan PT Semen Padang. Gubernur juga menghimbau agar masyarakat yang berkunjung dapat membuang sampah pada tempatnya, karena Pantai Air Manis merupakan salah satu tujuan wisata yang apabila kotor maka memberi kesan kurang baik bagi wisatawan.
@mahyeldisp
@joinaldy
@retiwafda
@semenpadang
@bank_sampah_pancadaya

dkpadmin 24 Juli 2023 12:11:23 WIB 357