Strategi Dinas Kelautan dan Perikanan

Strategi Dinas Kelautan dan Perikanan

Share Berita :

Arah kebijakan dan strategi Kementerian Kelautan dan Perikanan diimplementasikan dalam keterkaitannya dengan 4 Agenda/Nawacita yang dirumuskan secara umum sebagai berikut:

1. Memperkuat Jati Diri sebagai Negara Maritim

Meningkatkan pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan secara terpadu dan terintegrasi, meningkatkan sarana dan prasarana pengawasan yang representatif, mengintensifkan penegakan hukum dan pengendalian Illegal fishing serta kegiatan yang merusak sumberdaya kelautan dan perikanan.

2. Pemberantasan Perikanan Illegal/IUU Fishing

Meningkatkan koordinasi delam penangngan tindak pidana perikanan, melakukan penguatan sarana sistem pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan , meningkatkan penataan sistem perizinan usaha perikanan dan penertiban ketaatan kapal di pelabuhan perikanan.

3.Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Nasional Melalui peningkatan Hasil Perikanan

Peningkatan mutu dan kualitas benih/induk, inovasi teknologi perikanan (budidaya, perikanan tangkap, dan pengolahan hasil perikanan), melakukan pengelolaan perikanan yang berkelanjutan, peningkatan SDM pelaku usaha perikanan dan fasilitasi sarana dan prasarana perikanan.

4.a. Peningkatan kedaulatan Pangan melalui peningkatan produksi perikanan

Meningkatkan faktor–faktor produksi dan sarana prasarana pendukung produksi dan mempertahankan setersediaan komoditi perikanan sebagai sumber pangan dan ekonomi.

4.b.Pengembangan Ekonomi Maritim dan Kelautan

Meningkatkan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan sebagai sumber ekonomi pembangunan dan sebagi sumber penigkatan SDM masyarakat kelautan dan perikanan, menyediakan data dan informasi, meningkatkan harkat dan taraf hidup masyarakat nelayan masyarakat perikanan.

 

 

 

 

Prov. Sumbar 14 Oktober 2021 15:01:00 WIB 423