Tingkatkan Konsumsi Ikan, DKP Sumbar Adakan Lomba Masakan Berbahan Baku Ikan

Tingkatkan Konsumsi Ikan, DKP Sumbar Adakan Lomba Masakan Berbahan Baku Ikan

Share Berita :

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Sumatera Barat Dr. Ir. Desniarti, MM mewakili Gubernur Sumatera Barat secara resmi membuka acara Lomba MasakSerba Ikan Dan Inovasi Masakan Berbahan Baku Ikan Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Pelataran Parkir Kantor Gubernur (Selasa, 27/09/22).

 

 

Dalam upaya membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat yang diikuti dengan memperbanyak ketersediaan ikan serta menjamin kemudahan akses masyarakat atas produk perikanan DKP Sumbar terus berinovasi salah satunya dengan mengadakan lomba masak serba ikan ini.

 

 

Melalui kesempatan ini diharapkan akan tercipta kreasi-kreasi masakan berbahan baku ikan yang menarik, mudah dalam pengolahannya serta bergizi tinggi, sehingga dapat menambah keragaman masakan ikan yang bisa di sajikan dalam keluarga guna meningkatkan konsumsi Ikan Masyarakat Sumatera Barat.

 

Keluarga menyatu di meja makan

Makan bersama ikan dan sambalnya

Semakin meningkat konsumsi ikan

Sehat, kuat dan cerdas generasi bangsa

 

begitu kata Kepala DKP melalui pantun dalam sambutannya.

 

Turut memberi sambutan Wakil Ketua Forikan Sumbar ibu Lina Hansastri, yang menyambut baik acara ini dan mengajak Forikan Kab/Kota untuk lebih aktif lagi mengkampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemrikan).

 

Acara ini merupakan rangkaian dari acara Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang dilaksanakan DKP Sumbar setiap tahunnya dalam  beberapa bentuk kegiatan  untuk mensosialisasikan dan memotivasi masyarakat gemar mengkonsumsi ikan. Sekaligus bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Sumatera Barat ke-77 dengan tema “Bangkit Lebih Kuat untuk Sumbar yang Madani, Unggul dan Berkelanjutan”.

 

Adapun acara yang dilaksanakan yaitu:  Lomba Masak Serba Ikan dan Lomba Inovasi Masakan Berbahan Baku Ikan dalam rangka diversifikasi menu masakan di dalam rumah tangga, Bazar aneka  Olahan Hasil Perikanan,  Pemberian makanan dari ikan terutama kepada anak-anak stunting dan ibu hamil serta sosialisasi manfaat makan ikan.

 

 

Pemenang lomba ini nantinya akan mewakili Sumatera Barat dalam lomba yang sama untuk tingkat nasional.

dkpadmin 28 September 2022 16:35:01 WIB 692