Gubernur Pimpin Aksi Bersih Pantai Air Manis

Gubernur Pimpin Aksi Bersih Pantai Air Manis

Share Berita :

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi pimpin acara aksi Bersih Pantai di Pantai Air Manis. Kamis (18/5/2023).

 

Kegiatan ini juga dihadiri beberapa OPD Provinsi dan Pemkot Padang, CSR, UPT Pusat, perangkat nagari, kelompok nelayan dan beberapa pedagang di Pantai Air Manis.

 

Kegiatan Bersih Pantai ini merupakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat setempat agar selalu menjaga kebersihan pesisir.

 

Dalam arahan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, Dr. Ir. Reti Wafda, M.T.P, dinyatakan bahwa kegiatan Bersih Pantai merupakan program dinas yang rutin dilaksanakan.

 

Saat ini dengan adanya Bank Sampah, sampah yang dikumpulkan dapat dijual, oleh karena itu sampah yang terkelola menjadi barang yang bernilai ekonomis.

 

Demikian juga dari Bank Sampah yang selama ini telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat (BPSPL dan Satwas PSDKP Bungus), serta PT Semen Padang dalam pengelolaan sampah sehingga diharapkan Pemerintah menjadi role model bagi masyarakat dlm penanganan sampah.

 

PT. Semen Padang  telah berkontribusi dalam memanfaatkan sampah sebagai bahan bakar.

 

Di tahun 2024 Semen Padang akan bekerjasama dengan Pemko Padang dan Kementerian PUPR untuk membangun pembakaran khusus dari sampah.

 

Dalam arahan Gubernur Sumatera Barat, Gubernur menyarankan agar OPD berperan aktif dalam pemilahan sampah serta bekerjasama dengan Bank Sampah dan PT Semen Padang.

 

Bapak Gubernur juga menyarankan agar masyarakat membuang sampah pada tempatnya karena Pantai Air Manis merupakan salah satu tujuan wisata yang apabila kotor maka memberi kesan kurang baik bagi wisatawan.

dkpadmin 19 Mei 2023 09:45:56 WIB 388