Tingkatkan Peran Serta Masyarakat melalui Lomba Pokmaswas

Tingkatkan Peran Serta Masyarakat melalui Lomba Pokmaswas

Share Berita :

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat Dr. Ir. Desniarti, MM secara resmi membuka lomba Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) di Nagari Pangkalan Kecamatan Gunung Omeh Kab. 50 Kota, Selasa (8/11/2022).

 

 

Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam optimalisasi konservasi sumber daya perikanan yang ada melalui kesadaran masyarakat di dalam pengawasan pemanfaatan sumberdaya ikan dalam rangka mendukung perikanan yang berkelanjutan.

 

 

Dengan adanya Pokmaswas ini diharapkan dapat mengurangi illegal fishing, penggunaan alat tangkap yang membahayakan, masalah-masalah kerusakan lingkungan lainnya.

 

Lomba ini diikuti oleh 6 (enam) kelompok dari 6 (enam) Kab./Kota di Sumatera Barat, yaitu Kab. 50 Kota, Kab. Tanah Datar, Kab. Sijunjung, Kab. Solok, Kota Pariaman dan Kota Padang.

 

Lomba ini bertujuan  untuk memotret dan melihat kinerja Pokmaswas secara nyata di lapangan, sekaligus untuk pembinaan Pokmaswas.

 

Pemenang dari lomba ini nantinya akan diusulkan untuk mengikuti lomba pokmaswas tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

 

Mudah-mudahan melalui kegiatan lomba pokmaswas ini dapat memotivasi dan meningkatkan peran serta masyarakat melalui wadah kelompok masyarakat pengawas (POKMASWAS) di dalam mendukung pengawasan terhadap sumberdaya perikanan yang berkelanjutan’ tutup Kadis KP dalam sambutannya.

dkpadmin 09 November 2022 16:53:42 WIB 55