Kick Off BCL

Kick Off BCL

Share Berita :

Wakil Gubernur Audy Joinaldi secara resmi membuka Kick Off Program Nasional Gerakan Bulan Cinta Laut (BCL) di Dinas Kebudayaan Prov. Sumbar, Kamis 27/10/22.

 

Program Nasional Gerakan Bulan Cinta Laut (BCL) ini merupakan kegiatan Strategis Kementerian Kelautan dan Perikanan. Program ini diluncurkan tahun 2022, dan kegiatan Aksinya serentak di 14 Kab.Kota se Indonesia, salah satunya Kota Padang.

 

Program ini merupakan wujud kepedulian masyarakat pesisir khususnya nelayan berpartisipasi menjaga lingkungan di laut dan di pesisir pantai.

 

Dalam satu bulan penuh nelayan diajak untuk mengumpulkan, memilah dan mengirim sampah ke Bank sampah terutama sampah plastik. Bank sampah yang diajak bekerjasama adalah Panca Daya. Sampah si nelayan dihargai dalam bentuk uang yang langsung masuk ke rekening nelayan.

 

Secara Nasional Kick off Bulan Cinta Laut yang dipusatkan di Bali dihadiri oleh Menkomarves Luhut dan Menteri KKP Wahyu Trenggono.

 

Di Kota Padang acara puncak dilaksanakan di sepanjang Pantai Padang dalam bentuk rangkaian acara; dari pagi di mulai lomba bersih pantai untuk anak sekalah SMA/ SMK, acara Gemarikan untuk stunting, Sosialisasi permodalan kepada Nelayan dan acara Puncak BCL yang dihadiri Bapak Wagub.

 

Acara Kick off banyak mendapat bantuan dari Mitra, berbagai penghargaan untuk nelayan dibantu oleh Bank Syariah Indonesia, PT. Semen Padang juga membantu nelayan dengan sepeda operasional Bank sampah, Pegadaian dan Banyak mitra lain yang berpartisipasi untuk nelayan BCL.

 

Kegiantan BCL di Sumatera adalah Kolaborasi berbagai pihak, UPT Pusat di Sumbar, Pemprov DKP dan LH, Pemko Dinas Perikanan dan Pangan serta DLH. Dan yang sangat penting juga Bank Sampah Panca Daya.

 

Gernas BCL ini akan kita adopsi dalam kegiatan bersih Pantai selanjutnya, sehingga seluruh nelayan di Sumbar dapat memahami dan peduli tentang kesehatan Laut salah satu cirinya bebas dari sampah.

dkpadmin 28 Oktober 2022 15:56:35 WIB 101