Kelola Sampah di Laut, KKP lakukan Gerakan Nasional BCL

Kelola Sampah di Laut, KKP lakukan Gerakan Nasional BCL

Share Berita :

Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut (BCL)  merupakan gerakan yang digagas oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan dalam rangka membangun kesadaran untuk mewujudkan laut yang bebas dari sampah, yang merupakan implementasi ekonomi biru dengan lima strategi hingga 25 tahun ke depan.

 

Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut (BCL) ini dilakukan bersama semua pihak dan melibatkan seluruh Kementrian/lembaga. Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, Nelayan, dan mitra lainnya seperti lembaga swadaya masyarakat, komunitas pemerhati/penggiat sampah, unit pengelola sampah dan pihak terkait lainnya.

 

BCL hadir di tengah masyarakat pesisir khususnya nelayan dalam membangun kesadaran betapa pentingnya menjaga laut agar tetap sehat, bebas dari sampah demi keberlanjutan sumberdaya alam di dalamnya untuk generasi nanti. Karena laut sehat, ikan melimpah dan kesejahteraan masyarakatpun meningkat.

 

BCL juga menjadi salah satu program Pemerintah Nasional, oleh karenanya diharapakan gaung BCL bisa menembus seantaro nusantara.

 

BCL dilakukan serentak secara nasional di 14 lokasi yang meliputi Kota Banda Aceh, Kota Medan, Kota Tanjung Pinang, Kota Padang, Kota Serang, Kota Cirebon, Kota Cilacap, Bali, Kota Pontianak, Kota Balik Papan, Kota Kendari, Kota Manado, Kota Sorong dan Kota Merauke.

 

Untuk kegiatan Nasional BCL di Padang dilaksanakan di Pantai Padang Kec. Padang Barat pada hari Kamis, 26 Oktober 2022.

 

Dalam pelaksanaan Gerakan Nasional BCL, nelayan memiliki peran penting dalam pengelolaan sampah di laut. Dimana dalam kurun waktu tertentu nelayan melaut untuk mengumpulkan sampah di laut. Hasil pengumpulan sampah di laut oleh nelayan akan ditimbang dan didata. Kemudian bersama mitra mereka melakukan proses daur ulang dan mengubahnya menjadi barang bernilai ekonomi.

dkpadmin 26 Oktober 2022 09:54:44 WIB 140