Selamatkan Ikan Bilih Endemik Danau Singkarak DKP Sumbar Lakukan Pengawasan Alat dan Bahan Penangkapan Ikan (API)

Selamatkan Ikan Bilih Endemik Danau Singkarak DKP Sumbar Lakukan Pengawasan Alat dan Bahan Penangkapan Ikan (API)

Share Berita :

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat melalui Tim Gabungan yang terdiri dari UPTD Konservasi dan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan bersama Polairud Polda Sumbar dan Lantamal II Teluk Bayur Padang melakukan Pengawasan terhadap tangkap Jaring Angkat atau yang di kenal dengan bagan apung di Danau Singkarak pada tanggal 18 - 20 September 2023 dengan menggunakan Kapal Pengawas Bilih.

 

Agar Bagan tidak terus bertambah, DKP Sumbar melakukan pendataan dan Pengawasan terhadap alat tangkap bagan yang ditertibkan meliputi ukuran mata jaring, tata letak bagan, Sumber cahaya, ukuran bagan.

 

Kesadaran Nelayan Jaring Angkat di Danau Singkarak sudah mulai meningkat dalam menjaga kelestarian Ikan Bilih (Mystacoleucus Padangensis) yang merupakan Ikan endemik Danau Singkarak.

 

Lebih kurang 75 % nelayan jaring Angkat di Danau Singkarak sudah beralih dari menggunakan waring atau jaring kelambu menjadi menggunakan jaring berukuran 3/4 Inchi sesuai Permen KP Nomor  18 tahun 2021 tentang Alat dan Bahan Penangkap Ikan.

dkpadmin 22 September 2023 12:24:42 WIB 460