Lakip

Kata Pengantar Lakip 2017

KATA PENGANTAR

 

 Ir. YosmeriAssalamu’alaikum Warahmatullahi     Wabarakatuh

Dengan mengucapkan puji dan syukur kami panjatkan kehadhirat Allah SWT atas berkat dan karunia-Nya, kami telah menyelesaikan Laporan Kinerja Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017.

Laporan ini merupakan wujud dari transparansi, akuntabilitas kinerja dan pertanggungjawaban Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat sebagai lembaga sektor public (public sector organization)  yang disusun berdasarkan Capaian Kinerja yang merupakan implementasi dari Rencana Strategi (RENSTRA) Tahun 2016 -2021 sebagaimana yang diamanatkan dalam PERMENPAN No. 29 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Penetapan Kinerja dan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang juga mengacu kepada Peraturan Gubernur Sumatera Barat nomor 65 Tahun 2012 tentang Pedoman Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor : 53 Tahun 2014  tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah. Laporan ini merupakan pencapaian Sasaran dan Indikator Kinerja Sasaran yang telah ditetapkan pada Tahun 2017.

Oleh karena itu, laporan ini kami jadikan sebagai salah satu media komunikasi kami kepada public dan para pemangku kepentingan lainnya untuk menyampaikan informasi kinerja Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera  Barat Tahun 2017 dan  diharapkan dapat  menjadi  bahan pertimbangan  dalam  pengambilan  keputusan  dalam  penyusunan perencanaan pembangunan Kelautan dan Perikanan di masa yang akan datang serta sebagai umpan balik untuk  meningkatkan  kinerja  selanjutnya  yang  jauh  lebih        baik. Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh pihak yang berperan dalam membantu penyusunan Laporan ini.

Demikian kami sampaikan, atas kerjasama dan perhatiannya kami ucapkan terima kasih

 

Padang,        Januari 2018

Kepala Dinas

 

Ir. YOSMERI

Pembina Utama Madya

Nip. 19620105 198803 1 005

 

 

 

 

 

 

IKHTISAR   EKSEKUTIF

 

P

 

enyusunan Laporan Kinerja Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017 merupakan salah satu wujud pertanggungjawaban Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat atas pencapaian visi,misi dan tujuan Instasi Pemerintah yang good governance sehingga terselenggaranya manajemen pemerintahan dan pembangunan yang berdaya guna, berhasil guna, dan bebas KKN (korupsi, kolusi, nepotisme). Selain itu, Laporan Kinerja juga merupakan salah satu parameter yang digunakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat untuk meningkatkan kinerja dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Penyusunan Laporan Kinerja Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017 mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI No. 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja dan Instansi Pemerintah, Laporan Kinerja ini bertujuan Untuk melihat tingkat keberhasilan Kinerja Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat dalam pencapaian  kinerja (keberhasilan dan kegagalan) yang berdasarkan pada pencapaian sasaran yang tertera pada Rencana Strategis Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat Tahun 2016-2021 yang telah disempurnakan berdasarkan hasil evaluasi LAKIP / Laporan Kinerja Perangkat Daerah pada tahun sebelumnya dan  kemudian menjadi Sasaran Indikator Kinerja Utama pada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat dengan uraian sebagai berikut:

  1. Meningkatnya Pendapatan Pelaku Usaha Perikanan
  2. Terwujudnya Pemanfaatan Sumberdaya kelautan dan Perikanan (SDKP) yang berkelanjutan
  3. Meningkatnya Pemasaran Hasil Perikanan
  4. Meningkatnya Tata Kelola Organisasi

 

Setelah dilakukan analisis sebagaimana yang dijelaskan secara rinci pada Bab III Laporan Kinerja ini, maka dapat dikatakan bahwa pencapaian kinerja Dinas Kelautan dan Perikanan secara keseluruhan dengan 4 Sasaran dan 7 Indikator Kinerja yang diukur mendapat bobot sangat baik dengan rata-rata diatas 100% yaitu 109,53% dengan kategori Sangat Baik, dimana untuk pencapaian sasaran 1 nilai bobotnya adalah 104,05% (sangat baik), untuk pencapaian sasaran 2  bobot nilai 111,93% (sangat baik), untuk pencapaian sasaran 3 bobot nilai 122,22% (sangat baik), untuk pencapaian sasaran 4 bobot nilai 101,16% (sangat baik).

Capaian Kinerja Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017 diantarannya 1). Jumlah pendapatan nelayan sebesar Rp.36.316.800 org/th atau mencapai 108,09% dari target yang telah ditetapkan yaitu Rp.33.600.00 org/th. Kegiatan ini di dukung dari jumlah produksi perikanan tangkap tahun 2017 sebesar 226.805,90 ton meningkat 4,00% dari tahun 2016. 2). Jumlah pendapatan pembudidaya ikan sebesar Rp.40.800.000 org/th atau mencapai 100,00% dari target yang telah ditetapakan Rp.40.800.000 org/th, diperoleh dari Produksi Perikanan Budidaya sebesar 259.544,52 ton menurun sebesar -3,10% dari tahun 2016, hal ini disebabkan adanya revisi target.  3).Produksi benih pada BBI sebesar 15.942.496 ekor meningkat sebesar 8,03%8,00% dari tahun 2016. 4). Produksi benih pada UPR 1.530.206.454 ekor meningkat sebesar 12,90% dari tahun 2016. 5). Luas area budidaya sebesar 17.945,99 Ha meningkat sebesar 3,16%. 6). Ekspor Hasil Perikanan sebesar 2.954.848 kg (2.954,85 ton) atau meningkat sebesar 11,04 dari tahun 2016 %. 7). Tingkat Konsumsi Ikan sebesar 38,21 kg/kapita/th meningkat 4,91% dari tahun 2016.

Meskipun tingkat pencapaian sasaran indikator di atas termasuk kategori sangat berhasil, namun masih banyak permasalahan – permasalahan yang dihadapi dalam upaya pencapaian target kinerja.

Banyak faktor yang mempengaruhi/menghambat pencapaian sasaran tersebut, antara lain:

  1. Kondisi alam dan geografis Sumatera Barat yang rawan bencana banjir dan longsor yang kerap mempengaruhi produksi pada produksi perikanan budidaya dan cuaca yang tidak menentu sehingga dapat mempengaruhi hasil tangkapan
  2. Nelayan dan pembudidaya ikan Sumatera Barat masih merupakan nelayan dan pembudidaya ikan tradisonal dan masih skala kecil
  3. Masih terkendala pada pemasaran produk perikanan
  4. Terbatasnya ketersediaan benih/bibit ikan unggul yang berkualitas
  5. Masih terbatasnya SDM masyarakat kelautan dan perikanan (baik nelayan, pembudidaya ikan maupun kelompok pengolah dan pemasar hasil perikanan) yang tangguh, mandiri dan mampu bersaing dipasar global;

Dinas Kelautan dan Perikanan secara terus menerus melakukan upaya dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi untuk mencapai sasaran yang telah ditargetkan dan menjadi tugas pokok dan fungsi. Adapun upaya yang dilakukan antara lain :

  1. Melakukan peningkatan sarana dan prasarana penangkapan ikan dan budidaya ikan melalui peningkatan armada penangkapan dan sarana budidaya ikan yang berteknologi.
  2. Perluasan jaringan pemasaran ikan di luar wilyah Sumatera Barat melalui penggalian informasi  peluang pemasaran ikan keseluruh sentra produksi memiliki komoditas unggulan yang menerapkan teknologi inovatif dengan kemasan dan mutu terjamin
  3. Melakukan pemberdayaan masyarakat kelautan dan perikanan melalui peningkatan SDM dan memfasilitasi sarana penunjang bagi nelayan dan pembudidaya ikan
  4. Melakukan pembinaan dan peningkatan kapasitas kelompok nelayan dan pembudidaya ikan melalui bimbingan teknis, temu lapang dan ahli teknologi.
  5. Melakukan peningkatan sarana budidaya ikan diantaranya bibit, pakan dan peralatan budidaya.
  6. Meningkatkan peran serta KKMB dan penyuluh perikanan yang mampu mengakses permodalan bagi pelaku usaha perikanan, mencari peluang-peluang investasi sector Kelautan dan Perikanan di Sumatera Barat serta mendorong peran serta lembaga keuangan dalam menjalin kerjasama dalam bidang Kelautan dan Perikanan.
  7. Meningkatkan koordinasi , sinkronisasi dan sinergisitas program dan kegiatan dengan Kab/Kota dan antar instansi terkait sehingga pembangunan Kelautan dan Perikanan di Sumatera Barat dapat dilaksanakan secara terintegrasi.   

Selama Tahun 2017 Dinas Kelautan dan Perikanan telah mampu meraih beberapa keberhasilan dan prestasi yang cukup membanggakan sebagai bentuk dari kerja keras dan upaya yang dilakukan dalam pembangunan Kelautan dan Perikanan di Sumatera Barat, diantaranya:

  1. Gubernur Sumatera Barat mendapatkan penghargaan Satya Lencana Wira Karya Bidang Pemerintahan dalam pengelolaan, pengembangan dan pembangunan kelautan dengan Nomor Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 124/TK/Tahun 2017
  2. Terpilihnya Sr. Firdaus Gultom dalam lomba Pemilihan Putra Putri Maritim Tingkat Nasional sebagai Runner Up 1 untuk Putra Maritim

Untuk masa yang akan datang  hasil evaluasi dan analisis di atas akan dijadikan masukan agar pencapaian sasaran kinerja Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat dapat lebih baik lagi.

 

DAFTAR ISI

 

 

 

Hal

Kata Pengantar ………………………………………..................................................................................................

i

Ikhtisar Eksekutif ………………………………………………………………………………………………………………

iii

Daftar Isi ……………………………………………………………………………………………………………………………………….

viii

Daftar Tabel ………………………………………………………………………………………………………………………

 

Daftar Grafik …………………………………………………………………………………………………………………….

 

 

 

 

 

  1. PENDAHULUAN..................................................................................

1

 

1.1.

Latar Belakang............................................................................................................................

1

 

1.2.

Maksud dan Tujuan....................................................................................................................

2

 

1.3.

Dasar Hukum...............................................................................................................................

3

 

1.4.

Gambaran Umum.........................................................................................................

4

 

1.5.

Tugas Pokok dan Fungsi..........................................................................................................

5

 

1.6.

Struktur Organisasi.......................................................................................................

37

 

1.7.

Sumber Daya Manusia (SDM)...................................................................................

38

 

1.8.

Apsek Strategis Organisasi..........................................................................................

39

 

   

 

  1. PERENCANAAN KINERJA.....................................................................

47

 

2.1.

Rencana Strategis........................................................................................................................

47

 

2.2.

Indikator Kinerja Utama………...................................................................................................

 53

 

2.3.

Program dan Kegiatan..............................................................................................................

53

 

2.4.

Penetapan Kinerja Tahun 2017 ……………………………………………………………………………….

57

 

 

 

 
  1.  AKUNTABILITAS KINERJA....................................................................

59

 

A.

Capaian Kinerja Organisasi ……………………………………….........................................................

59

 

1.

Pengukuran Capaian Kinerja dan Analisis Capaian Kinerja Tahun 2017..................

59

 

B.

Realisasi Anggaran   ……………………………………………………………..............................................

98

 

1.

Realisasi Anggaran APBD ……………………………………………………………………………….

98

 

2.

Realisasi Anggaran APBN ……………………………………………………………………………….

107

 

3.

Capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD)

113

 

 

 

 
  1. PENUTUP...........................................................................................

115

  1.  
 

 

1.

Perjanjian Kinerja  Esselon  II Dinas kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat

 

 

2.

Perjanjian Kinerja Pejabat Esselon III dan IV

 

 

3.

Penghargaan-penghargaan yang diperoleh Dinas Kelautan dan Perikanan Tahun 2017