KURANGI RESIKO MELAUT, KKP BANTU NELAYAN SIKAKAP DENGAN RADIO NELAYAN NUSANTARA
KURANGI RESIKO MELAUT, KKP BANTU NELAYAN SIKAKAP DENGAN RADIO NELAYAN NUSANTARA

Tanggal post: 03-12-2016, Jam 17:10 WIB | User: Sikakap


Sikakap (28/11/2016), Komitmen UPTD PPP Sikakap dalam memberikan kenyamanan nelayan pada saat melakukan kegiatan penangkapan ikan terus dilakukan, setelah program SIMAIL yang diterima UPTD PPP Sikakap sebagai program mitigasi bencana, kini nelayan sikakap terima bantuan Radio Nelayan Nusantara yang diperuntukkan bagi nelayan tangkap. Bantua Radio Nelayan ini memang sudah di sosialisasikan sejak beberap bulan yang lalu pada saat bersamaan dengan sosialisasi SIMAIL di UPTD PPP Sikakap.

Bantuan Radio diberikan oleh Direktorat jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Bantuan ini diserahkan langsung oleh Dirjen PRL di kecamatn Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai pada hari sabtu tanggal 26 November 2016 bertempat di Aula UPTD PPP Sikakap. Hadir pada kegiatan serah terima tersebut perwakilan dari Dirjen PRL Bapak Darwis, perwakialn Kemkomoinfo RI, PSKPT KKP, UPTD PPP Sikakap Bapak Cici Anggara, S.Pi, Bapak Kepala Desa Sikakap, penyuluh perikanan bantu sikakap dan nelayan yang menerima bantuan radio yang berasal dari dusun muaro taikako dan tubeket. Pada kegiatan ini diserahkan secara simbolis radio nelayan kepada perwakilan kelompok nelayan oleh perwakilan dirjen PRL bapak darwis. Jumlah keseluruhan bantuan yang diberikan sebanyak 18 paket radio untuk nelayan dan 1 paket radio untuk operator di UPTD PPP Sikakap.

Radio nelayan nusantara ini diberikan sebagai upaya mengurangi resiko nelayan pada saat melaut, karena radio di desain untuk nelayan tradisional yang jarak penangkapannya sekitar 1-2 mil. Radio nelayan nusantara ini juga dilengkapa GPS sehingga pada saat nelayan berada di fishing ground masih bisa terdeteksi oleh operator di pelabuhan.

By : Cici Anggara, S.Pi.MP