MANFAAT MAKAN IKAN BUAT ANAK
MANFAAT MAKAN IKAN BUAT ANAK

Tanggal post: 21-09-2016, Jam 05:53 WIB | User: P2hkp


MANFAAT MAKAN IKAN UNTUK ANAK

Masa perkembangan anak dari kandungan sampai usia 3 tahun adalah masa penentu kecerdasan dan tumbuh kembang anak. Perkembangan jumlah sel-sel otak yang tidak cukup pada masa ini akan menyebabkan kekurangan sel-sel yang bersifat permanen. Hal ini dapat mempengaruhi keseluruhan hidup dan masa depan anak.

Pemberian nutrisi yang lengkap dan seimbang pada masa ini akan memperbanyak pertumbuhan jumlah sel-sel otak anak. Semakin bagus kualitas percabangan sel-sel otak, dan semakin bagus fungsi sinaps antara sel-sel otak anak. Dalam hal ini, nutrisi yang dapat diberikan pada anak yaitu ikan karena ikan memiliki kandungan gizi yang sangat bagus untuk perkembangan otak anak dan membantu memaksimalkan tumbuh kembang anak.

Adapun kandungan gizi yang terdapat pada ikan yaitu:

Protein

Kandungan protein ikan tinggi, sangat mudah dicerna dan mengandung berbagai asam amino dalam bentuk yang mendekati asam amino didalam tubuh manusia. Komposisi asam amino protein ikan juga lebih lengkap dibanding bahan makanan lain, salah satunya taurin, sangat bermanfaat merangsang pertumbuhan sel otak balita.

Lemak

Asam lemak ikan merupakan asam lemak essensial yang sifatnya tidak jenuh. Asam lemak tidak jenuh sangat bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan tubuh dan menjaga kestabilan kadar kolesterol dan mengandung asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA). Keduanya bermanfaat dalam menurunkan kolesterol dalam darah dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak sikecil

Vitamin

Vitamin A

Banyak terdapat pada minyak hati ikan bermanfaat mencegah kebutaan dan memperbaiki penglihatan pada anak.

Vitamin D

Vitamin ini penting bagi pertumbuhan dan kekuatan tulang.

Viatamin B6

Membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf.

Vitamin B 12

bermanfaat dalam pembentukan sel-sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung juga kerusakan syaraf

Mineral

Zat besi

Zat besi pada ikan jauh lebih mudah diserap tubuh ketimbang dari sumber lain seperti serealia atau kacang-kacangan. Zat besi membantu mencegah terjadinya anemia.

Yodium

Mencegah terjadinya penyakit  gondok serta hambatan pertumbuhan anak, bahkan juga kecerdasannya.

Selenium

Berperan membantu metabolisme tubuh dan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas, antioksidan bisa mencegah terjadinya penyakit degeneratif seperti jantung koroner.

Seng

Zinc sebagai salah satu dari mikronutrien, berperan penting dalam penyatuan protein dan asam nukleat dalam tubuh. Zinc juga berperan aktif dalam pembentukan sel otak besar, terbukti dengan ditemukannya mineral tersebut dalam jumlah sangat banyak di daerah daya ingat pada otak besar.

Fluor

Menguatkan serta menyehatkan gigi anak.

 

(Afiata Fiddini, S.St.Pi)