PAWAI ALEGORIS DALAM RANGKA HUT RI ke 71
PAWAI ALEGORIS DALAM RANGKA HUT RI ke 71

Tanggal post: 23-08-2016, Jam 11:10 WIB | User: P2hkp


PAWAI ALEGORIS DALAM RANGKA HUT RI ke-71

“”SEMANGAT KERJA MENJADIKAN SUMATERA BARAT BERJAYA DISEKTOR KELAUTAN DAN PERIKANAN !

          Pada peringatan HUT kemerdekaan RI yang ke 71 tahun ini, Pawai alegoris merupakan agenda yang paling ditunggu-tunggu masyarakat dalam setiap peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia di sumatera Barat khususnya warga kota Padang. karena, dalam setiap pelaksanaannya, selalu menyajikan hal-hal yang sangat menarik, yang menyita perhatian warga., panitia kantor Gubernur Sumatera Barat menggelar pawai alegoris pada tanggal 18 Agustus 2016 sehari setelah upacara peringatan hari kemerdekaan RI, pawai alegoris ini sekaligus pawai pembangunan yang diikuti oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Daerah Sumatera Barat, TNI AL, AU, AD dan kepolisian, HTT sumbar dll yang ambil bagian dalam kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT kemerdekaan Indonesia ini.

Sebagaimana penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya, pawai alegoris selalu mendatangkan penonton yang berjubel di ruas jalan yang menjadi rute arak-arakan peserta. Antusiasme warga menyaksikan tontonan yang disajikan masing-masing peserta tidak diragukan lagi. Atensi masyarakat yang ingin menyaksikan langsung kegiatan tahunan ini terus meningkat.

Walaupun peserta pawai telah berkumpul di GOR H. Salim sejak pukul 11.00 WIB dan baru mulai bergerak pada pukul 16.00 WIB, karena masih banyak peserta pawai yang berdatangan, bagi Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat sendiri ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dianggarkan melalui APBD setiap tahunnya, pawai yang diikuti oleh Bidang penangkapan, bidang budidaya, bidang KP3K dan Bidang P2HKP sebagai leading pelaksananya. Masing-masing menampilkan perkembangan-perkembangan pembangunan dibidang kelautan dan perikanan diantaranya kapal pengawas perikanan dengan slogan-slogan dan informasi-informasi kepada masyarakat melalui spanduk yang terpampang di kendaraan pawai terkait konvervasi, pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil serta peraturan-peraturan terkait sumberdaya kelautan dan perikanan, sementara bidang penangkapan menampilkan display kendaraan pawai kapal penangkapan ikan dan teknologi penangkapan serta sarana penangkapan yang ramah lingkungan juga bertuliskan informasi-informasi penting terkait usaha penangkapan ikan dll, bidang Budidaya tentang teknologi budidaya dan pengembangan potensi perikanan budidaya seperti kerapu bebek yang sudah diekspor langsung ke Hongkong.

Dan tak kalah menariknya kontingen pawai dari bidang P2HKP yang selalu ikut ambil bagian dengan mempromosikan Mobil Alih Teknologi dilengkapi dengan berbagai fasilitas sarana pengolahan dalam mendukung program pemerintah Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) sebagai implementasi upaya peningkatan konsumsi ikan masyarakat Sumatera Barat selalu disosialisasikan dengan mobil ATI tersebut, disamping itu juga memodifikasi mobil ATI sebagai media informasi pengenalan ruangan Processing/ pengolahan ikan yang sesuai dengan standar kelayakan pengolahan, uniknya mobil ATI ini selalu berjalan mudur sesampainya di podium kehormatan…sembari membagi-bagikan paket-paket produk olahan hasil perikanan kepada tamu undangan yang terus dipromosikan agar memiliki saing baik ditingkat Nasional maupun  Internasional, aktraksi para chef bidang P2HKP mengolah dan memasak juga dilakukan langsung diatas mobil ATI membuat berbagai macam produk olahan dari UMKM-UMKM seperti nugget tuna, sus ikan, risoles ikan dan bakso goreng tuna dll, yang dipacking sedemikian rupa untuk-dibagi-bagikan kepada setiap penonton/ masyaakat yang dijumpai sepanjang perjalanan.. masyarakat sangat antusias dan saling berebut…ternyata olahan ikan jika diolah dan dikemas dengan baik tidak kalah dengan olahan fast food lainnya tentunya menjadi incaran masyarakat terutama anak-anak, alhasil lebih kurang 500 paket olahan dibagi-bagikan pada masyarakat…begitu juga brosur, leaflet dan poster….. LUDES, suatu kesenangan yang luar biasa bagi kami selain masyarakat bisa menikmati olahan ikan yang bergizi dan menyehatkan juga dapat tersosialisasikannya manfaat makan ikan langsung  kepada masyarakat luas.

Kegiatan pawai alegoris ini juga turut disaksikan Bapak Wakil Gubernur Sumatera Barat, Bapak Nasrul Abit, beserta, Pejabat Muspida, Muspika serta kepala SKPD terkait di lingkup Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat.

Dalam kesempatan ini, Bapak Wagub menyempatkan diri menyaksikan  sejumlah aktraksi dari peserta pawai dan display-display dari masing-masing instansi terkait dengan kemajuan-kemajuan yang telah mereka capai sehingga makin menyemarakkan peringatan hari kemerdekaan bangsa Indonesia ke- 71

 

   Penulis… TIM P2HKP