BBIP TELUK BUO TINGKATKAN PEMBINAAN BUDIDAYA KERAPU DALAM MENYIKAPI KEBIJAKAN EKSPOR IKAN HIDUP DI SEI.NIPAH
BBIP TELUK BUO TINGKATKAN PEMBINAAN BUDIDAYA KERAPU DALAM MENYIKAPI KEBIJAKAN EKSPOR IKAN HIDUP DI SEI.NIPAH

Tanggal post: 22-08-2016, Jam 17:17 WIB | User: Telukbuo


Teluk Buo (22/08/2016), Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Kelautan dan Perikanan saat ini sedang giatnya menggalakkan  dan mengembangkan budidaya ikan kerapu. Untuk meningkatkan produksi perikanan budidaya kerapu ini,  DKP Provinsi Sumbar melaksanakan program pengembangan sentra produksi perikanan budidaya laut antara lain; Kabupaten Pesisir Selatan di Kawasan Mandeh dan Sungai Nipah, Kab. Pasaman Barat di Pulau Panjang dan Kab. Kepulauan Mentawai di Sikakap.

Dalam rangka menyikapi peraturan Kemen KP tentang Kapal Angkut Ikan Hidup, BBIP (Balai Benih Ikan Pantai) Teluk Buo tingkatkan pembinaan kepada kelompok pembudidaya kerapu di Sei.Nipah Kabupaten Pesisir Selatan. Pembinaan yang dilakukan adalah dengan memberikan arahan langsung kepada pembudidaya tentang penerapan Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB), antara lain mencangkup pengaturan pola/ siklus produksi budidaya, pengaturan padat tebar, penjagaan kebersihan dan sanitasi lingkungan budidaya, manajemen pakan ikan dan pengendalian hama penyakit ikan melalui pemberian vitamin dan memandikan ikan dengan air tawar secara periodik serta memonitor perkembangan dan pertumbuhan benih ikan di KJA Pembudidaya, dengan demikian diharapkan hasil panen dan keuntungan pembudidaya bisa meningkat dari sebelumnya.

Kegiatan pembinaan teknis budidaya kerapu dilaksanakan pada tanggal 25-26 juli 2016 di instalasi Sei.Nipah UPTD BBIP Teluk Buo. Pada kegiatan ini BBIP teluk buo membina kelompok Maju Bersama yang berjumlah 16 orang yang merupakan anggota kelompok. Hadir pada kegiatan ini Kepala UPTD Teluk Buo, Bapak Ir.Irwansyah Iyan, Kasubag TU BBIP Bapak Wandi Afrizal, S.Pi, Kasi Pelayanan Teknis Produksi BBIP Bapak Yunizar, S.Pi, Kepala Bidang Budidaya DKP Pesisir selatan, Bapak Zaitul Ikhlas, S.Pi, M.Sc yang mewakili Kepala DKP Kabupaten Pesisir Selatan serta tim bidang budidaya DKP Provinsi Sumatera Barat.

Pada kesempatan ini Kepala UPTD Teluk Buo menyampaikan kepada kelompok agar pembudidaya mengatur pola produksi ikan kerapu dengan menyesuaikan jadwal tebar benih hingga panen yang bersamaan dengan jadwal loading kapal ekspor, dengan demikian dapat mengurangi cost produksi pembudidaya. “pembudidaya harus mempu mengatur pola produksi dan meningkatkan komunikasi antar kelompok sehingga kuota ekspor bisa terpenuhi”, ujar Irwan pada saat memberikan arahan.

Komitmen DKP Kabupaten Pesisir Selatan akan mendukung penuh dalam upaya meningkatkan produksi ikan kerapu sehingga Kabupaten Pesisir Selatan bisa berperan dalam memenuhi kuota ekspor ikan kerapu yang berasal dari Sumatera Barat, salah satunya dengan mendukung penuh pembudidaya yang ada di Sei.Nipah. “Untuk mendukung ekpor ikan kerapu yang berasal dari Sumatera Barat, DKP Kabupaten Pesisir Selatan mendukung penuh pembudidaya dalam meningkatkan produksi sehingga mampu memenuhi kuota ekspor” ungkap zaitul kepada sejumlah pemudidaya kerapu Sei.Nipah.

Kedepan BBIP Teluk Buo berkomitmen akan terus meningkatkan dan memonitoring kegiatan budidaya kerapu di Sumatera Barat dengan memberikan perhatian dan pembinaan secara kontinu sehingga dapat menjaga keberlangsungan aktivitas usaha budidaya kerapu di Provinsi Sumatera Barat, dengan demikian dapat mendukung upaya pemerintah dalam memenuhi target produksi  ikan kerapu hasil budidaya  dalam skala nasional. 

By : Wandi Afrizal, S.Pi