MAGANG PEMBINA MUTU
MAGANG PEMBINA MUTU

Tanggal post: 22-08-2016, Jam 14:35 WIB | User: P2hkp


Magang Pembina Mutu Daerah Provinsi Sumatera Barat Ke Unit Pengolahan Ikan (UPI) Siomay Chispy, Jakarta

 

Pembina Mutu Daerah Provinsi Sumatera Barat sebanyak 12 orang dan 2 orang pendamping melakukan magang ke UPI Siomay Chispy di Jakarta pada tanggal 19 – 21 Agustus 2016. Magang ini dalam rangka meningkatkan IPTEK Pembina Mutu Daerah tentang Sistem Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Kelautan dan Perikanan yang telah lulus uji kompetensi dan mendapatkan sertifikat GMP, SSOP dan HACCP dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang telah dilaksanakan pada bulan Mei tahun 2016.

Magang ini di dampingi oleh Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Kelautan dan Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat      (Ir. Afridawati, M.Si), Kepala Seksi Teknologi Pengawasan Mutu Hasil Perikanan            (Ir. Desnelita, M.Si) dan Narasumber HACCP dari konsultan PT. CBT Bekasi (Fadjar A. Boenjamin, SE).

Peserta magang berasal dari beberapa Kabupaten/kota Provinsi Sumatera Barat yang terdiri dari Kota Padang (1 orang), Kota Solok   (1 orang), Kabupaten Solok (1 orang), Kabupaten Pesisir Selatan (2 orang), Kabupaten Dharmasraya (1 orang), Kabupaten Limapuluh kota (5 orang) dan Provinsi Sumatera Barat (1 orang).

Magang ini dimulai dengan melakukan kunjungan ke UPI Siomay Chispy dan disambut oleh ibu Dewi Isabela selaku ketua kelompok Siomay Chispy. Kelompok ini telah memiliki banyak penghargaan baik skala Provinsi maupun Nasional. Pembina Mutu melakukan kunjungan ke ruangan produksi serta mengisi kuisioner supervisi Sertifikat Kelayakan Pengolahan Unit Pengolahan Ikan. Dengan demikian, Pembina Mmutu dapat membandingkan penerapan GMP dan SSOP di UPI Siomay Chispy dengan UPI di daerah binaan masing-masing.

Dalam kesempatan ini,  Pembina Mutu juga mengadakan konsultasi ke Kementerian Kelautan dan Perikanan dan disambut oleh Kasubdit Standarisasi dan Penilaian Kesesuaian (Ir. Widya Rusyanto, M.Si) yang menyampaikan pentingnya Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP) bagi UPI serta penjelasan mengenai prosedur penerbitan SKP.

Diharapkan dengan adanya magang ini, Pembina Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat manpu berkontribusi dan meningkatkan mutu produk hasil perikanan pelaku utama sehingga dapat meningkatkan penjualan yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Provinsi Sumatera Barat.

Penulis : Afiata Fiddini, S.St.Pi (Bidang P2HKP)