“FORIKAN ROAD COMPETITION 2016”
“FORIKAN ROAD COMPETITION 2016”

Tanggal post: 06-06-2016, Jam 11:58 WIB | User: P2hkp


KOMITMEN DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI SUMATERA BARAT MENGINISIASI PENCANANGAN PROGRAM “GERAKAN MEMASYARAKATKAN MAKAN IKAN” (GEMARIKAN)IBARAT GAYUNG BERSAMBUT BERKAT KERJASAMA DENGAN FORUM PENINGKATAN KONSUMSI IKAN (FORIKAN SUMATERA BARAT) YANG SUDAH DIKUKUHKAN OLEH BPK. IRWAN PRAYITNO (GUBERNUR SUMATERA BARAT) TAHUN 2011 YANG LALU, DALAM PERJALANANNYA YANG SUDAH MEMASUKI TAHUN KE- LIMA DIBAWAH KEPEMIMPINAN IBU NEVY IRWAN PRAYITNO, FORIKAN SUMATERA BARAT MENUNJUKKAN EKSISTENSINYA DENGAN SENANTIASA MENDUKUNG PROGRAM PENINGKATAN KONSUMSI IKAN MASYARAKAT SUMATERA BARAT, HASILNYA?????....TERNYATA GERAKAN MEMASYARAKATKAN MAKAN IKAN TELAH MELUAS SAMPAI KE KAB/KOTA, KECAMATAN BAHKAN SAMPAI KELURAHAN.

“FORIKAN” MERUPAKAN SEBUAH FORUM YANG DIBENTUK UNTUK MENYATUPADUKAN GERAK LANGKAH SEMUA SKPD TERKAIT DAN LEMBAGA KEMASYARAKATAN LAINNYA YANG MEMPUNYAI KOMITMEN UNTUK  MENJADIKAN SUMBERDAYA MANUSIA MASYARAKAT SUMATERA BARAT KEDEPAN MENJADI “SEHAT, KUAT DAN CERDAS DENGAN GEMAR MENGKONSUMSI IKAN, KENAPA??? KARENA IKAN ADALAH PROTEIN HEWANI YANG MERUPAKAN “SMART NUTRIENT” SERTA MEMBERIKAN KONTRIBUSI CUKUP BESAR UNTUK PEMENUHAN GIZI MASYARAKAT.

TONGKAT ESTAFET PENCAPAIAN MISI FORIKAN SUMBAR TELAH SEPENUHNYA DISERAHKAN KEPADA PENGURUS FORIKAN BEGITU KATA KABID P2HKP (IR. AFRIDAWATI.M.SI), SEHINGGA APA YANG KITA CITA-CITAKAN  DAPAT TERLAKSANA. DUKUNGAN PROGRAM MELALUI ANGGARAN APBD TERUS DIGULIRKAN SALAH SATUNYA YAITU ‘FORIKAN ROAD COMPETITION’,  TENTU ADA YANG INGIN TAHU…..SEPERTI APA COMPETISINYA…..YA……ADA 3 YANG DIAPLIKASIKAN DALAM KOMPETISI INI …PERTAMA;  IMPLEMENTASI FORIKAN KAB/KOTA DALAM MENYIAPKAN PROGRAM YANG SINERGIS UNTUK PENINGKATAN KONSUMSI IKAN DI DAERAH MASING-MASING, DIFINISINYA…DITUNTUT EKSPOSE DARI MASING-MASING FORIKAN KAB/KOTA TENTUNYA SETELAH MELALUI SERANGKAIAN SELEKSI ADMINISTRASI HINGGA PELAPORAN DAN DINYATAKAN LOLOS KEBABAK SELANJUTNYA, EKSPOSE TERKAIT PROGRAM KEGIATAN, DUKUNGAN ANGGARAN PEMKOT/PEMKAB DLL , ……KEDUA;IMPLEMENTASI PERAN FORIKAN DALAM UPAYA SOSIALISASI DAN DUKUNGAN FORIKAN BAGI ANAK PENDIDIKAN USIA DINI, …………..KETIGA; IMPLEMENTASI FORIKAN DALAM MEMBINA DAN MENSOSIALISASIKAN AGAR RUMAH MAKAN/ RESTORAN SELALU MENYAJIKAN MASAKAN MENU IKAN SETIAP HARI…..KEMUDIAN DILAKUKAN UJI PETIK LANGSUNG KE LAPANGAN OLEH TIM JURI SESUAI KRITERIA PENILAIAN YANG TELAH DIBUAT PETUNJUK TEKNISNYA…….JURI YANG MENILAI DITUNJUK DAN DITETAPKAN BERDASARKAN LATAR BELAKANG KEAHLIAN DAN CAPABILITAS MASING-MASING,TERDIRI DARI UNSUR DINAS PENDIDIKAN, BUNDA PAUD, DINAS KESEHATAN, PENGURUS FORIKAN PROVINSI SUMATERA BARAT SERTA DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI SUMATERA BARAT.

FORIKAN KAB/KOTA SALING BERSAING DALAM BERBAGAI KATEGORI YANG DIKOMPETISIKAN DAN SALING MENGIMPROVISASIKAN BERBAGAI PROGRAM KEGIATAN DENGAN DUKUNGAN LANGSUNG DARI PEMERINTAH DAERAHMASING-MASING,  DAN TENTUNYA TETAP BERKOMPETISI SECARA SEHAT…, KOMPETISI HANYA MERUPAKAN SARANA YANG DIGUNAKAN UNTUK MENCAPAI TUJUAN YANG DIHARAPKAN NAMUN YANG PALING UTAMA ADALAH“GOAL”YANG INGIN KITA CAPAI YAITU “MENINGKATNYA KONSUMSI IKAN MASYARAKAT SUMATERA BARAT. INGIN TAHU HASIL DAN PEMENANGNYA???……TUNGGU PENGUMUMANNYA  TANGGAL 2 JUNI 2016 …..SELANJUTNYA MELALUI MEDIA INI KAMI MENGUNDANG BAPAK/IBU/SAUDARA UNTUK MENGHADIRI DAN MERAMAIKAN ACARA TAHUNAN DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI SUMATERA BARAT MELALUI KEGIATAN BIDANG P2HKP…….. :

  1. ”LOMBA MASAK SERBA IKAN KAB/KOTA TINGKAT PROVINSI SUMATERA BARAT DIIKUTI OLEH 18 KAB/KOTA
  2. “LOMBA JINGLE ‘ GEMAR MAKAN IKAN’ ANTAR SLTA KAB/KOTA TINGKAT PROVINSI SUMATERA BARAT YANG DIIKUTI OLEH 11 SLTA PERWAKILAN KAB/KOTA
  3. “ BAZAR PRODUK OLAHAN HASIL KELAUTAN DAN PERIKANAN KAB/KOTA SE-SUMATERA BARAT
  4. “ PENGUKUHAN PENGURUS FORIKAN PROVINSI SUMATERA BARAT PERIODE 2016-2019
  5. 2 JUNI 2016 DI HALAMAN PARKIR KANTOR GUBERNUR SUMATERA BARAT

BE THERE…..& WE’RE WAITING FOR YOUR ATTENTION”

 

WRITEN BY : BIDANG P2HKP