BIMBINGAN TEKNIS PETUGAS PENGAMBILAN CONTOH (PPC) DAN SISTEM JAMINAN MUTU KEAMANAN HASIL PERIKANAN (SJMKHP)
BIMBINGAN TEKNIS PETUGAS PENGAMBILAN CONTOH (PPC) DAN SISTEM JAMINAN MUTU KEAMANAN HASIL PERIKANAN (SJMKHP)

Tanggal post: 25-04-2016, Jam 12:52 WIB | User: Blppmhp


 

Kegiatan Bimbingan Teknis Petugas Pengambil Contoh (PPC) dan Sistem Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan ini bertujuan untuk menfasilitasi Petugas Pengambil Contoh dari Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat sehingga mampu menerapkan tata cara pengambilan contoh sesuai dengan syarat yang sudah ditetapkan, sehingga memberikan hasil uji yang tepat dan akurat.

Kegiatan Bimbingan Teknis PPC dan SJMKHP ini dilaksanakan pada tanggal 19 – 20 April 2016 bertempat di Ruang Pertemuan SMKN 6 Padang, Jl. Suliki No.1. Jati, yang diikuti oleh 40 orang peserta dari 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat. Peserta terdiri dari pembina mutu dan petugas pengambil contoh di kabupaten/kota.

Bimtek PPC ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, Bapak Ir. Yosmeri. Beliau menyampaikan tentang pentingnya menjaga, mengawasi dan mengendalikan mutu produk hasil perikanan yang beredar di Sumatera Barat. Hal ini terkait dengan jaminan keamanan pangan bagi masyarakat Sumatera Barat khususnya, dan mampu mengungguli persaingan bebas pasar MEA 2016 ini. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan diskusi tentang Mutu Produk Perikanan dan hasil monitoring dan pengujian di Sumatera Barat. Diskusi ini dibahas langsung oleh Kepala BLPPMHP Ir. Fariyetmi, M.Si bersama Kasi Pengendalian Mutu Indra Arief Nasution, S.Pi dan Kasi Pengujian Ir. Syofia Erida, M.Si. Pada hari berikutnya kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber Bapak Ismashudi, S.TP. MP selaku Kepala Seksi Pengujian pada Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan (BBP2HP) Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Beberapa materi Bimbingan Teknis PPC ini meliputi :

  1. Peran BLPPMHP Dalam Rangka Sistem Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan dan Mutu Peroduk Perikanan di Sumatera Barat
  2. Tata Cara Pengambilan Contoh Produk Perikanan