Penyerahan Mesin Tempel 2,5 PK oleh Wakil Gubernur
Penyerahan Mesin Tempel 2,5 PK oleh Wakil Gubernur

Tanggal post: 22-06-2021, Jam 07:40 WIB | User: Dinaskelautan


Banyaknya kegiatan penangkapan ikan melalui penggunaan alat tangkap bagan di Danau Singkarak saat ini telah mengancam kelestarian ikan endemik Danau Singkarak yaitu ikan bilih. Sehingga diperlukan usaha penangkapan ikan yang dapat menjaga kelestarian sumberdaya ikan di Danau Singkarak, yakni melalui penggunaan sarana penangkapan ikan yang ramah lingkungan. Hal inilah yang melatarbelakangi pelaksanaan kegiatan Penyediaan mesin tempel 2,5 PK untuk nelayan Danau Singkarak.
Tanggal 21 Juni 2021, Wakil Gubernur Sumatera Barat bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kab. Solok dan Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kab. Tanah Datar menyerahkan mesin tempel 2,5  PK sebanyak 14 unit untuk 14 orang nelayan Danau Singakarak di Kabupaten Solok  dan Kabupaten Tanah Datar yang tergabung dalam 11 kelompok nelayan di Danau Singkarak. 
Penyediaan mesin tempel 2,5 PK ini diharapkan dapat memunculkan kepedulian dan kesadaran dari masyarakat  dan nelayan untuk menjaga kelestarian Danau Singkarak dengan menggunakan alat tangkap ramah lingkungan dan bukan alat tangkap bagan yang merusak lingkungan dan mengancam kelestarian ikan bilih.