Peresmian SPBUN Carocok Tarusan
Peresmian SPBUN Carocok Tarusan

Tanggal post: 22-06-2021, Jam 07:38 WIB | User: Dinaskelautan


Sabtu, 29 Mei 2021, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah didampingi oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, Yosmeri, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, serta beberapa Kepala OPD Pemerintah Provinsi Sumatera Barat meresmikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Nelayan (SPBUN) di PPI Carocok Tarusan

Selama ini nelayan di Kec. Koto IX Tarusan, Kab. Pesisir Selatan selalu kesulitan untuk mendapatkan bahan bakar bersubsidi dengan jumlah yang mencukupi, selain itu jarak tempuh cukup jauh. Jumlah Kapal Perikanan yang cukup banyak diwilayah Carocok Tarusan yaitu sekitar 229 kapal, membutuhkan BBM untuk operasional yang tinggi sekitar 677.000 liter per bulan.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Sumbar mendorong pihak swasta atau koperasi untuk berkonstribusi membangun SPBUN, dan dari pihak Dinas menyediakan lokasi di Komplek UPTD Pelabuhan Perikanan Wilayah I Carocok Tarusan.

Pembangunan SPBUN yang telah dimulai sejak Tahun 2020 dan  telah dapat dioperasionalkan mulai  hari ini. SPBUN ini dikelola oleh PT. Citra Nelayan Sejati dengan menyediakan 2 (dua) jenis BBM yaitu Biosolar dan Pertalite dengan kapasitas masing-masing jenis 16.000 Liter, dan harga jual sama dengan harga resmi PT. Pertamina. 

Diharapkan dengan adanya SPBUN ini nelayan dan pengusaha perikanan yang ada di Pelabuhan Perikanan Carocok Tarusan tidak lagi mengalami kesulitan dalam mendapatkan BBM bersubsidi dan dapat mengurangi biaya operasional melaut, sehingga usaha perikanan di wilayah ini dapat terus berkembang.