Penyerahan Mesin Longtail 8,5 PK oleh Gubernur Sumatera Barat
Penyerahan Mesin Longtail 8,5 PK oleh Gubernur Sumatera Barat

Tanggal post: 22-06-2021, Jam 07:44 WIB | User: Dinaskelautan


Minggu, 23 Mei 2021, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, Yosmeri menyerahkan bantuan berupa Mesin Long Tail 8,5 PK kepada Nelayan Danau Maninjau Kabupaten Agam.

Semakin padatnya kegiatan budidaya ikan melalui penggunaan Keramba Jaring Apung di Danau Maninjau menyebabkan terjadinya pencemaran air dan lingkungan, untuk itu diperlukan alternatif usaha perikanan yang ramah lingkungan yakni penangkapan ikan menggunakan sarana penangkapan ikan yang ramah lingkungan. Hal inilah yang melatarbelakangi penyediaan mesin long tail 8,5 PK untuk nelayan di Danau Maninjau.

Mesin Long Tail 8,5 PK yang berjumlah sebanyak 44 unit ini diberikan kepada 11 Kelompok Nelayan di 4 Nagari sekitar Danau Maninjau.  Dengan diberikan bantuan mesin long tail 8,5 PK ini diharapkan dapat meningkatkan daya jelajah penangkapan, sehingga produktifitas meningkat dan dapat menambah penghasilan bagi nelayan. Selain itu diharapkan secara tidak langsung dapat menumbuhkan kesadaran bagi nelayan untuk dapat menjaga kelestarian lingkungan perairan disekitar Danau Maninjau.