AWALI 2020, DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI SUMATERA BARAT ADAKAN RAPAT STAF
AWALI 2020, DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI SUMATERA BARAT ADAKAN RAPAT STAF

Tanggal post: 05-03-2020, Jam 07:50 WIB | User: Dinaskelautan


Padang, 12 Februari 2020, Mengawali Tahun 2020, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan Rapat Staf Lengkap PNS dan Non PNS  pada hari Rabu 12 Februari 2020 di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat  dengan tema “Dengan Semangat, Disiplin dan kerjasama kita tingkatkan Kinerja dan Pelayanan”.  Rapat ini dihadiri oleh seluruh Staf Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat yang ada pada kantor Dinas dan juga Staf yang ada pada Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) baik PNS dan Non PNS dan dihadari oleh sebanyak 250 orang dari jumah total 286 orang Staf.

 

Rapat Staf ini diawali dengan pembukaan dan Pengarahan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat Bapak Ir. Yosmeri. Arahan yang disampaikan oleh Kepala Dinas antara lain: 1. Pelaksanaan Program dan Kegiatan Tahun 2020 baik yang didanai dari APBD, APBN maupun DAK perlu dilakukan dengan menyiapkan kerangka acuan kerja (KAK) dan dilakukan tepat waktu dan tepat sasaran serta sesuai dengan target yang telah ditetapkan, 2. Perlunya peningkatan disiplin dan kinerja, 3. Pada Tahun 2020 cukup banyak event nasional yang dilaksanakan di Provinsi Sumatera Barat seperti PENAS TANI-NELAYAN, MTQ Nasional, Harganas, PON, Tour De Singkarak, Porprov dan Pilkada Serentak, dimana sebagai ASN perlu mendukung untuk kesuksesan pelaksanaannya terutama untuk event nasional yang melibatkan DKP dalam kepanitiaannya. 4. Setiap tahunnya Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat dibebankan untuk pendapatan asli daerah (PAD), untuk Tahun 2020 ditargetkan sebesar 1,7 Milyar dan perlu dukungan dan kinerja bersama untuk pencapaiannya 5.  Beberapa program dan kegiatan strategis Dinas Tahun 2020 yaitu pemberdayaan pelaku usaha perikanan terutama nelayan, pengembangan ikan sidat dan pengawasan perairan umum khususnya pelarangan alat tangkap bagan di Danau Singkarak.

 

Pada pelaksanaan Rapat ini juga disampaikan Sosialisasi tentang Peraturan Gubernur Nomor  02 Tahun  2020 tanggal 17 Januari 2020 tentang Tambahan Penghasilan bagi PNS di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, Dr. Ir. Desniarti, MM.

 

Selanjutnya juga disampaikan tentang Program dan Kegiatan Tahun 2020 oleh masing-masing Eselon III baik Kepala Bidang maupun Kepala UPTD lingkup Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat. Antara lain: Kepala Bidang PRL-PSDKP, Ir. Alber Krisdiarto. M.Si, Kepala Bidang PDSKP, Ir. Fariyetmi, M.Si, Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Ir. Lisnur, M.Si, Kepala Bidang Perikanan Budidaya yang diwakili oleh Ir. Noviyanti, MM, Kepala UPTD Pelabuhan Perikanan Wilayah I, Ir. Arnofi, Kepala Pelabuhan Perikanan Wilayah II, Hasnil Haris, S.Pi, M.Si, Kepala UPTD Balai Perikanan Budidaya Air Alaut dan Payau (BPBALP) Marwan, S.Pi, M.Si, Kepala UPTD Konservasi dan Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (KPSDKP) Ir, Irwansyah Iyan, Kepala UPTD Pengujian dan Penerapan Mutu Hasil Perikanan (PPMHP) Ir. Dahmer Awayenis, M.Si.  Khusus untuk UPTD juga menyampaikan profil UPTD dan bentuk pelayanan yang diberikan.

 

Penyelenggaraan Rapat Staf ini selain dimaksudkan untuk menginformasikan isu dan kebijakan terkini tentang pembangunan kelautan dan perikanan juga untuk meningkatkan silaturrahim diantara sesama staf Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat.