Ikan Hias Laut Spesifik Sumatera Barat
Ikan Hias Laut Spesifik Sumatera Barat

Tanggal post: 28-05-2015, Jam 16:27 WIB | User: Dinas Kelautan


Indonesia memiliki potensi sumberdaya ikan hias laut yang sangat besar jumlahnya serta memiliki nilai ekonomis tinggi. Beragam jenis ikan hias tersebut tersebar di berbagai perairan terutama menghuni habitat sekitar terumbu karang. Sebagian besar ikan hias hasil tangkapan dari perairan Indonesia itu, selain memenuhi permintaan konsumen lokal juga diekspor ke luar negeri dan menjadi sumber devisa negara yang potensial. Indonesia mulai melakukan ekspor ikan hias laut pada awal tahun 1970. Perdagangan ikan hias laut dan karang untuk ornamental akuarium laut di Indonesia tersebut di mulai di daerah Jawa dan Bali dan Sumatera. untuk saat ini Indonesia merupakan salah satu dari negara terbesar pemasok ikan hias laut dengan negara tujuan Amerika dan Eropa.

 

Kekayaan hayati Indonesia sudah banyak dikenal. Dalam bisnis ikan hias dunia, produk Indonesia dikenal memiliki banyak spesies, baik ikan hias air tawar maupun ikan hias air laut. Dari 1.100 spesies ikan hias air tawar yang ada di dunia, 400 spesies di antaranya berasal dari Indonesia. Indonesia juga memiliki 650 spesies ikan air laut. Dan kemungkinan masih banyak lagi spesies ikan hias air laut yang belum ditemukan. Potensi ini membanggakan karena dengan begitu Indonesia dikenal sebagai Produksi ikan hias terbesar di dunia. Sebagai bahan perbandingan potensi ikan hias di dunia, Srilanka (165 species), Ethiopia (112 species), Philipina (109 species), Kenya (96 species), Hawaii (60 species), Puerto Rico (49 species), dan Singapore (32 species). Dari data tersebut, jelas bahwa Indonesia menduduki peringkat pertama di dunia dalam produksi ikan hias tropis. 

 

Provinsi Sumatera Barat mempunyai panjang garis pantai 375 km, ditambah dengan Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadi 2.420 km dan luas perairan laut teritorial dan ZEEI 186.580 km

2

. Luas tutupan Terumbu karang di wilayah pesisir Sumatera Barat (Kab Agam, Kota Padang, Kab. Padang Pariaman, Kota Pariaman, Kab Pasaman Barat, Kab Pesisir Selatan dan Kab Kep Mentawai ) sebesar 36.68,1 Ha, dan kondisi terumbu karang yang masih cukup bagus terdapat di Kab kep. Mentawai dengan luas tutupan terumbu karang sebesar 35.218 Ha, dimana terdapat sejumlah genus terumbu karang seperti monthipora, pocillopora, seriatopora, dan favites. Sebagai habitat hidup berbagai jenis spesies ikan hias laut spesifik perairan Sumatera Barat seperti Balong Padang, Anjiel Doreng Padang dll.  (Sumber : Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, 2010.)

Keunikan dan Keragaman

Jenis Ikan Hias Laut

Keunikan dan keragaman ikan hias Indonesia belum tertandingi oleh negara eksportir lainnya. Di dunia ikan hias, Indonesia mendapat julukan Home for Hundred of Exotic Ornamental Fish Speciesdi Dunia, sementara perairan Sumatera Barat memiliki  lebih kurang 20 jenis spesies ikan hias laut spesifik dan tidak ditemukan di perairan lain .