PELATIHAN PENERAPAN GMP/SSOP DALAM SISTEM HACCP BAGI PELAKU USAHA TAHUN 2019
PELATIHAN PENERAPAN GMP/SSOP DALAM SISTEM HACCP BAGI PELAKU USAHA TAHUN 2019

Tanggal post: 12-07-2019, Jam 07:19 WIB | User: Dinaskelautan


Mengacu pada Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 17/PERMEN-KP/2019 tentang Persyaratan dan Tata Cara Penerbitan Sertifikat Kelayakan Pengolahan, telah ditetapkan bahwa produk pangan termasuk dalam hal ini hasil perikanan yang di pasarkan untuk dikonsumsi manusia harus mengikuti persyaratan-persayaratan yang ditetapkan, sehingga menjamin kesehatan manusia. Salah Satu persyaratan jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan harus diterapkan oleh setiap pelaku usaha perikanan baik perorangan maupun badan usaha yang melakukan kegiatan produksi, pengolahan dan distribusi. Persyaratan umum pada Unit Pengolahan Ikan (UPI) yaitu harus memiliki sistem manajemen keamanan pangan yang mencakup Good Manufacturing Practise (GMP)/Standar Sanitation Operating Procedure (SSOP).

Good Manufacturing Practise (GMP)/Standar Sanitation Operating Procedure (SSOP) adalah sebuah metode operasi terstruktur yang dikenal secara internasional yang bisa membantu organisasi dalam industri makanan dan minuman termasuk hasil perikanan, untuk mengindentifikasi resiko keamanan pangan, mencegah bahaya dalam kemanan pangan, serta menyampaikan kesesuaian hukum. Penerapannya dikembangkan untuk menjamin keamanan pangan hasil perikanan dengan pendekatan pencegahan (preventive) yang dapat memberikan jaminan dalam hasil perikanan yang aman bagi konsumen. Oleh karena itu penerapan sistem GMP/SSOP akan mencegah resiko komplain karena adanya bahaya pada suatu produk tersebut.

Agar pelaksanaan verifikasi dan pembinaan dalam penerapan konsepsi GMP/SSOP dapat dilakukan dengan baik dan benar maka pelaku usaha harus memahami hal tersebut di atas,  untuk itu Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat merasa perlu melaksanakan ”Pelatihan Penerapan GMP/SSOP dalam Sistem HACCP bagi Pelaku Usaha guna melaksanakan fungsi pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan, penerapan GMP/SSOP sesuai alur proses untuk memperoleh SKP

 Pelatihan Penerapan GMP/SSOP dalam Sistem HACCP bagi Pelaku Usaha  dilaksanakan di Edotel Bundo Kanduang pada tanggal 19 -  21 Juni 2019. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat (Bapak      Ir. Yosmeri) yang dihadiri oleh Narasumber Daerah : Ir. Fariyetmi, M.Si (Kabid PDSKP) &        Ir. Desnelita, M.Si (Kasi BMDPKP), Narasumber Pusat :  Ir. Simson Masengi, M.Sc,Ph.D (Kasubdit Standarisasi Ditjen PDSPKP KKP) dan Pakar/Praktisi : Fajar A. Boenjamin, SE & DR.Drh. Diana     Hermawati, M.Si, serta diikuti oleh 20 orang pelaku usaha pengolahan perikanan dari           12 Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Barat.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk  meningkatkan SDM Pelaku Usaha dalam Penerapan GMP/SSOP dalam Sistem HACCP dan meningkatkan SDM Pelaku Usaha untuk memperoleh SKP.

                                                                                                                                       By : Ali Imran  (posted by  : Susi Hardeni, S.Pi.,M.Si)