Kesetaraan Gender Tahun 2019
Kesetaraan Gender Tahun 2019

Tanggal post: 12-07-2019, Jam 06:48 WIB | User: Dinaskelautan


Forum             Koordinasi dan Pembinaan Kelompok Perempuan Pesisir Dalam Rangka Kesetaraan Gender Tahun 2019 Kegiatan Dinas Kelautan dan Perikanan

Sumatera Barat

 

Mengacu pada Instruksi Presiden (inpres) Nomor 9 Tahun 2000 Tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional, salah satu tujuan RUU ini untuk meningkatkan partisipasi perempuan di berbagai aspek, tetapi laki-laki juga menjadi sumbjek dalam Undang-undang ini.

 

Peningkatan peran dan kedudukan perempuan dimana pun sudah menjadi perhatian masyarakat luas dan harus terus diupayakan peningkatannya. Hal ini selaras dengan Provorsi jumlah perempuan yang hampir melebihi setengah jumlah penduduk Indonesia. Jumlah penduduk perempuan yang demikian besar tersebut didukung dengan kualitas yang tinggi maka perempuan akan menjadi potensi produktif dan modal besar bagi pembangunan.

              Upaya pemberdayaan wanita pesisir masih dihadapkan dengan kondisi keterbatasan wanita pesisir untuk mengaktualisasikan potensinya. Perbedaan gender berdampak terhadap perbedaan dalam distribusi kegiatan antara laki – laki dan perempuan yang selanjutnya berpengaruh pada distribusi akses dan control terhadap pendapatan keluarga. Pembangunan perikanan akan berhasil bila upaya meningkatkan peran dan posisi wanita dalam masyarakat juga berhasil.

              Sehingga setelah pelaksanaan kegiatan pembinaan Kelompok kelembagaan perempuan pesisir ini diharapkan hendaknya menjadi kelompok wanita yang kokoh dan mandiri dalam berusaha mendukung ekonomi keluarga berbagai produksi sumberdaya pesisir serta mempunyai link yang baik dengan lembaga keuangan, dan lembaga lainya.               

            Pengembangan hasil olahan perikanan laut dan diversifikasinya juga bertujuan untuk menambah sumber pendapatan keluarga, khususnya bagi masyarakat pesisir dan wanita pesisir yang suami atau keluarganya memiliki mata pencarian sebagai nelayan agar pada musim panceklik tiba mereka memiliki sumber penghasilan lain untuk mempertahankan ekonomi keluarga. Hal ini dimaksudkan disamping meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga nelayan juga mengharapkan kontribusi wanita pesisir dalam menciptakan dan mengelola usaha ekonomi produktif sebagai mata pencarian alternatif.

            Terkait  dengan kondisi diatas, peran wanita nelayan sangat dibutuhkan dalam peningkatan  ekonomi rumah tangga nelayan, sehingga kesejahteraan kehidupan keluarga nelayan dapat meningkat dengan adanya peran serta ibu rumah tangga para nelayan tersebut yang lazim disebut dengan wanita nelayan.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat melaksanakan kegiatan Forum Koordinasi dan Pembinaan Kelompok Perempuan Pesisir dalam rangka Kesetaraan Gender. Dilaksanakan di Edotel Bundo Kanduang Pada Tanggal 14 s.d 15 Juni 2019. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat ( Bapak Ir. Yosmeri ) yang dihadiri oleh Narasumber Daerah  yaitu : 1. Ir. Fariyetmi,M.Si (Kabid PDSKP ) 2. Ir. Desnelita,M.Si (Kasi BMDKP)  3. Ny. Wartawati Nasrul Abid (Ketua HKTI Sumbar ) 4. Dr. Fatmariza,M.Hum (dosen UNP)                      4. Ir. Nasrizal, MM ( Kabid Dianas Koperasi dan UMKM )  serta diikuti  oleh 20 orang kelompok perempuan Pesisir dari 6 Kab/Kota Provinsi Sumatera Barat bagian Pesisir Pantai. Tujuan dari Kegiatan Forum Koordinasi dan Pembinaan Kelompok Perempuan Pesisir dalam rangka Kesetaraan Gender ini, untuk membina Perempuan Pesisir ini dapat meningkatkan keterampilan yang berasal dari laut dan bermacam olahan yang berbahan baku ikan, agar perempuan ini bisa berkesempatan  membantu meningkatkan pendapatan keluarganya.

                                                               By : Nofriwenti (posted by  : Susi Hardeni, S.Pi,M.Si