PENGUATAN KELEMBAGAAN KELOMPOK PENGOLAH DAN PEMASARAN (POKLAHSAR) TAHUN 2019
PENGUATAN KELEMBAGAAN KELOMPOK PENGOLAH DAN PEMASARAN (POKLAHSAR) TAHUN 2019

Tanggal post: 12-07-2019, Jam 06:43 WIB | User: Dinaskelautan


Salah satu faktor kunci dalam suksesnya pembangunan bisnis sektor kelautan dan perikanan adalah aspek sumberdaya manusia. Ketersediaan sumberdaya manusia yang terampil dan terlatih merupakan salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh industri perikanan, baik skala UMKM maupun besar, untuk dapat menghasilkan produk yang dapat bersaing ditingkat regional maupun global

Dalam rangka menghadapi era perdagangan bebas dan otonomisasi daerah maka Kelompok pengolah dan pemasar (Poklahsar) Hasil Kelautan dan Perikanan selayaknya diarahkan menuju bisnis yang kompetitif dan profesional dengan menciptakan iklim usaha yang kondusif bagi Kelompok pengolah dan pemasar (Poklahsar) seperti memberikan kemudahan akses permodalan, membentuk aliansi strategis dengan Usaha.

Untuk menjawab tantangan pasar tesebut diperlukan kelembagaan Poklarsar yang kuat dan berdaya saing. Adapun pengertian dari kelembagaan itu sendiri adalah kumpulan para pelaku utama yang terdiri dari nelayan, pembudi daya ikan, dan pengolah ikan yang terikat secara informal atas dasar keserasian dan kebutuhan bersama serta di dalam lingkungan pengaruh dan pimpinan seorang ketua kelompok pelaku utama kelautan dan perikanan.

Dengan terciptanya kelembagaan yang kuat bagi Kelompok pengolah dan pemasar (Poklahsar) Hasil Kelautan dan Perikanan maka diharapkan kelompok tersebut mampu mengelola usahanya kearah bisnis yang lebih baik, dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi, lebih mudah melahirkan responsibility terhadap lembaga permodalan baik bank/non bank maupun mitra kerja terkait lainnya. Terkait dengan hal tersebut, dalam rangka meningkatkan kualitas, kapabilitas, dan daya saing tenaga kerja pengolahan dan pemasaran, maka pada tahun 2019  dilaksanakan kegiatan Penguatan Kelembagaan Kelompok Pengolah dan Pemasar (POKLAHSAR).

Kegiatan Penguatan Kelembagaan Kelompok Pengolah dan Pemasar (POKLAHSAR) dilaksanakan pada hari Senin-Selasa tanggal 15-16 April 2019 bertempat di SMK.N 9 Padang yang dihadiri oleh pengurus Poklahsar yang berasal dari               19 Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.

Pelaksanaan kegiatan Penguatan Kelembagaan Kelompok Pengolahan dan Pemasaran (Poklahsar) Tahun 2019 dapat berjalan dengan baik sebagaimana mestinya oleh Seksi Investasi dan Keberlanjutan Usaha pada Bidang Peningkatan Daya Saing Kelautan dan Perikanan (PDSKP) Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat dan dan seluruh peserta mengikuti pertemuan dengan antusias, tampak dari kehadiran dan aktifnya peserta mengikuti pertemuan sesi demi sesi dan terlibat aktif dalam diskusi yang disajikan oleh Nara Sumber.

Nara sumber kegiatan berasal dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, Pelaku Usaha,   Praktisi/ASB Consulting, Dinas Koperasi dan UKM. Tujuan dilaksanakannya pertemuan Penguatan Kelembagaan Kelompok Pengolah dan Pemasar (POKLAHSAR) Tahun 2019 adalah dalam rangka penguatan kelembagaan Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) sehingga nantinya meningkatkan kemampuan, kompetensi dan kapabilitas tenaga kerja pengolahan dan pemasaran di sektor kelautan dan perikanan.

 

By: Susi Hardeni, S.Pi.,M.Si