Kontes Ikan Cupang Hias
Kontes Ikan Cupang Hias

Tanggal post: 23-08-2018, Jam 04:32 WIB | User: P2hkp


 MENINGKATKAN  MINAT  BUDIDAYA DAN PENGHOBBY IKAN HIAS  

MELALUI KONTES IKAN CUPANG HIAS 2018

 

Ikan Cupang Hias adalah salah satu ikan hias peliharaan yang sangat dikenal oleh masyarakat, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Ikan ini mempunyai bentuk yang sangat cantik, warna yang indah, serta perilakunya yang unik. Menjadikan daya tarik bagi para penghobi untuk semakin menyukai ikan yang satu ini. Ikan ini adalah salah satu dan teritorial atau ikan yang mempunyai dari kekuasaan masing-masing di alam liar nya. Jika merasa terancam atau ada musuh yang mendekat ikan ini akan mengembangkan insangnya untuk menakuti lawannya, saat proses ini terjadi terdapat keindahan yang bisa kita lihat dari ikan cupang ini terutama bagian ekor dan sirip-siripnya.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat telah Fasilitasi PADANG AQUATIC FRIENDSTIVAL untuk melaksanakan Kontes Ikan Cupang Hias di Gedung Pusat Promosi Produk Perikanan Non Konsumsi Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat yang dilaksanakan pada tanggal 6 s/d 8 Juli  2018. Kegiatan yang diketuai oleh Juli Warlin Zalukhu ini, terbilang sukses dengan sangat besarnya   animo masyarakat untuk mengikuti kontes ini, terbukti dengan  peserta  yang mengikuti  Kontes ini dari berbagai kalangan mulai dari penghobi ikan cupang hias sampai ke masyarkat umum berikut daftar nama yang mengikuti PADANG AQUATIC FRIENDSTIVAL               ( KONTES IKAN CUPANG HIAS  2018)  antara lain :

1. SABETTA Team Padang.

2. PREDS ( Pecinta Ikan Predator Sumbar ).

3. P2LSB ( Perhimpunan Pecinta Louhn Sumbar )

4. KRAP EVO Padang ( Komunitas Reptil Dan Amphibi Evolusion )

5. KPI Padang ( Komunitas Pecinta Iguna)

6. KSZ ( Kelompok Study Zoologi)

7. BOSS ( Betta of Sumatera society ).

Adapun tujuan dilaksanakannya PADANG AQUATIC FRIENDSTIVAL ( KONTES IKAN CUPANG HIAS  2018)  adalah untuk menambah popularitas, semangat, dan menjalin silaturahmi terhadap sesama penghobi ikan cupang. Standar Penilaian ikan Cupang kontes sebenarnya berbeda-beda tergantung jenis ikan Cupang yang sedang dilombakan.  Menurut ABI  ( Assosiasi Betta Indonesia) .Penilaian ikan cupang kontes berdasarkan jenisnya sebagai berikut (plakat halfmoon, serit, giant, doubletail, junior, dan famale). Kalangan penghobi ikan cupang hias ini dengan semangatnya berkompetisi dan berlomba untuk memenangkan lomba pada kontes ikan cupang pada ajang kontes  PADANG AQUATIC FRIENDSTIVAL  ( KONTES IKAN CUPANG HIAS  2018).

Tingkat apresiasi yang tinggi dari para penggemar dan hobiis cupang hias pada dasarnya merupakan potret kecintaan dan ketakjuban terhadap sosok cupang hias yang memiliki keunggulan baik dari bentuk tubuh, bentuk tipe dan sirip, maupun warnanya.
Tidak mudah untuk mendapatkan cupang yang bagus, Mereka harus mencari strain atau keturunan  baru  yang  benar-benar  memiliki kelebihan  dibandingkan  dengan  generasi

sebelumnya.  Selain itu agar cupang berpeluang menjadi juara harus dilakukan perawatan intensif. Keberhasilan memenangi kontes mempunyai bayak arti bagi penggemar dan hobiis cupang hias. Selain kebanggaan dan prestise, kemenangan dalam ajang kontes juga membawa pengaruh terhadap nilai jual cupang hias yang berhasil menjadi juara. Dengan kata lain, ajang kontes dapat pula diartikan sebagai sarana promosi dan pengukuhan sebagai breeder dan pakar cupang hias sejati.

 Cupang kontes yang  dilombakan  harus memenuhi syarat cupang kontes nasional seperti, tubuh proposional, kepala tidak membengkok, ekor cupang melingkar atau bukaan nya bisa menutup bawah sampai atas.

Alhamdullilah PADANG AQUATIC FRIENDSTIVAL  ( KONTES IKAN CUPANG HIAS  2018). Ini berjalan dengan sukses dan lancar, untuk kedepannya diharapkan agar lebih banyak lagi kontes-kontes Ikan Cupang Hias baik untuk Lokal, Nasional maupun Internasional agar  peminat ikan cupang hias ini semakin banyak dan berkembang dan berdampak pada penghasilan ekonomi pembudidaya ikan.