FORKOPIMDA PROVINSI KUNJUNGI UPTD PELABUHAN PERIKANAN WILAYAH III
FORKOPIMDA PROVINSI KUNJUNGI UPTD PELABUHAN PERIKANAN WILAYAH III

Tanggal post: 28-02-2018, Jam 03:50 WIB | User: Sikakap


Sikakap (27022018), dalam rangka upaya percepatan pembangunan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumatera Barat yang di pimpin oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Ir Nasrul Abit melakukan kunjungan kerja sekaligus melakukan pemetaan perencanaan pembangunan dalam upaya percepatan pembangunan. Kabupaten Kepulauan Mentawai salah satu dari tiga daerah di Provinsi Sumatera Barat yang termasuk daerah tertinggal yaitu Pasaman barat, Solok selatan dan Kab.Kepulauan Mentawai. Kunjungan kerja Forkpimda ini terdiri dari berbagai unsur pemerintah provinsi diantaranya perwakilan OPD, DPRD, POLDA, TNI dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kunjungan kerja dilaksanakan pada tanggal 25 Fabruari sampai dengan 28 Februari 2018.

Salah satu lokus yang menjadi target percepatan pembangunan di Kabupaten kepulauan Mentawai adalah sektor kelautan dan perikanan yang berada di pulau pagai utara, Sikakap. Pembangunan yang menjadi perioritas adalah UPTD Pelabuhan Perikanan Wilayah III. UPTD Pelabuhan Perikanan Wilayah III merupakan pelabuhan dibawah Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat. Tujuan kunjungan ke UPTD pelabuhan Perikanan Wilayah III adalah untuk menggali potensi dan permasalahan yang ada di pelabuhan sehingga mampu mengoptimalkan peran dan menjalankan tugas serta fungsinya di pelabuhan.

Kunjungan Forkopimda ke UPTD Pelabuhan Perikanan Wilayah III dilaksanakn pada hari senin dan selasa tanggal 26 dan 27 fabruari 2018. Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah mengunjungi bandara lama milik perusahaan minas dan mengunjungi beberapa kegiatan pembangunan di UPTD Pelabuhan Perikanan Wilayah III.

UPTD Pelabuhan Perikanan Wilayah III berkesempatan menyampaikan laporan pembangunan yang telah dilaksanakan baik yang bersumber dari dana APBD dan APBN. Kepala UPTD Pelabuhan Perikanan Wilayah III, Wawa Wahyudi, S.Pt.M.Si menyampaikan beberapa pembangunan yang terlah dilaksanakan pada tahun 2017 yaitu pembangunan jalan dan drainase, pengadaan sumur bor, pembangunan rumah nelayan sedangkan dana APBN Program Sentra Kelautan dan Perikanan terpadu diantaranya pemasangan kunblok pasar ikan, penambhan jalan dan drainase, filterisasi air bersih, alat kebersihan, LTS dan gapura. Tahun anggaran 2018 APBD Provinsi menganggarkan kegiatan pembangunan KIOS BAP (bahan alat penangkapan ikan) dan pelataran parkir sedangkan PSKPT pembangunan TPI, pengadaan genset 150 KVA, penataan lingkungan kantor berupa pemasangan kunblok, penambahan perpanjangan darmaga

Selain itu wawa menyampaikan beberapa permasalahan kegiatan operasional di UPTD Pelabuhan Perikanan wilayah III diantaranya, nelayan yang menghuni rumah nelayan meminta agar listrik rumah nelayan di subsidi, nelayan minta agar di falitasi untuk merubah menjadi listrik bersubsidi, pabrik es sangat tergantung pada listrik, sehingga pada saat listrik mati pabrik es tidak bisa di operasionalkan.

Wakil Gubernur Sumatera Barat menanggapi dengan serius apa yang di smapaikan oleh kepala UPTD, beliau perintahkan agar PLN melakukan perbaikan serius untuk meanggapi permasalah yang di sampaikan kepala UPTD.