PASAR IKAN SIKAKAP RESMI BEROPERASIONAL
PASAR IKAN SIKAKAP RESMI BEROPERASIONAL

Tanggal post: 08-02-2018, Jam 06:57 WIB | User: Sikakap


Sikakap, (08022018) Pasar Ikan Sikakap yang berada di UPTD Pelabuhan Perikanan Wilayah III mulai beroperasi sejak awal januari yang lalu. UPTD Pelabuhan Perikanan Wilayah III terus berupaya mengarahkan para nelayan dan pelaku usaha perikanan agar mengoptimalkan fungsi Pasar Ikan Sikakap.

Kepala UPTD Pelabuhan Perikanan Wilayah III, Wawa Wahyudi, S.Pt.M.Si mengaku telah menunjuk pengelola Pasar Ikan Sikakap dalam bentuk SK Kelapa Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat. Bulan ini, mereka sudah mulai mengondisikan sarana prasana maupun kelompok pedagang ikan serta kelompok nelayan tangkap agar agar bisa pindah ke lokasi pasar ikan yang telah di siapkan, meskipun pedagang ikan sudah sejak bulan lalu pindah ke pasar ikan, namun pedagang ikan yang berasal dari pulau-pulau kecil di mentawai masih belu mengetahui.

Pasar Ikan Sikakap dibangun pada tahun 2016, namun DKP Provinsi Sumatera Barat memandang perlu melengkpi fasilitas dan parasarana yang mendukung beroperasi pasar ikan. Atas dukungan DKP Prov.Sumbar pasar ikan sikakap para tahun 2017 mendapat bantuan program Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu ( SKPT) berupa pemasanga kunblok, penataan pelataran parkir serta pemasangan lampu jalan.

Pasar Ikan Sikakap dibangun untuk memfasilitasi para nelayan dan pedagang ikan serta mendukung upaya pemerintah kecamatan dalam penertiban lingkungan, karena sebelumya pedagang ikan ini berjualan di pinggir jalan raya sikakap. Jika memungkinkan, melalui pasar ikan sikakap dapat dikembangkan pula sentra kuliner sebagai layanan tambahan.

 

Oleh : Cici Anggara, S.Pi