BBIP Teluk Buo Serahkan Bantuan Benih Gratis
BBIP Teluk Buo Serahkan Bantuan Benih Gratis

Tanggal post: 26-01-2018, Jam 07:16 WIB | User: Telukbuo


Seperti tahun sebelumnya UPTD BBIP Teluk Buo kembali menyerahkan bantuan benih gratis kepada Kelompok Pembudidaya Ikan di Kabupaten Pesisir Selatan. Penyerahan bantuan tersebut telah dilaksanakan pada hari Rabu, 25 November 2017 yang lalu di Instalasi BBIP Sungai Nipah Nagari Painan Selatan Kec. IV Jurai Kab. Pesisir Selatan. Bantuan benih gratis yang diserahkan adalah benih ikan Kakap Putih sebanyak 8000 ekor dan benih ikan kerpu bebek sebanyak 2000 ekor dengan ukuran 10 cm yang siap untuk ditebar dan dibesarkan di KJA (Keramba Jaring Apung).

Bantuan benih ikan gratis langsung diserahkan oleh Koordinator Instalasi BBIP Sungai Nipah Bapak Zamrialdi, S.Pi kepada ketua masing-masing Ketua Pokdakan yang disaksikan juga oleh beberapa orang anggota kelompok yang bisa hadir pada saat penyerahan tersebut. Kelompok pembudidaya yang menjadi sasaran penerima bantuan benih ikan gratis ini adalah kelompok binaan UPTD BBIP Teluk Buo, yang dinilai serius mengelola usahanya dan belum pernah menerima bantuan benih gratis sebelumnya yang ditetapkan melalui SK Kepala Dinas. Kelompok penerima bantuan benih gratis pada tahun 2017 terdiri atas 5 (lima) Pokdakan (Kelompok Pembudidaya Ikan) yaitu Pokdakan Pasir Putih, Pokdakan Harapan Baru, Pokdakan Pinang-Pinang, Pokdakan Katapiang dengan masing-masing Ketua Kelompoknya Bapak Fadri, Joniwar,Dodi Tokori dan Wandri Anto (masing-masing menerima benih ikan Kakap Putih sebanyak 2000 ekor), selanjutnya Bapak Asril, S ketua Pokdakan Riak Pantai yang menerima Bantuan Benih Ikan Kerapu Bebek sebanyak 2000 ekor.

                Penyerahan bantuan benih ikan gratis ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Program Bantuan Benih 100 juta ekor dari Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan –RI untuk seluruh kawasan pengembangan Budidaya Laut di Seluruh Indonesia yang pelaksanaannya ditugaskan kepada masing-masing UPTD BBIP pada masing-masing daerah sesuai dengan komoditi yang dikembangkan. Untuk wilayah Sumatera Barat BBIP Teluk Buo mendapat amanah untuk melaksanakan program ini, dan telah merealisasikan program ini sejak tahun 2016  hingga tahun 2017 dengan jumlah total bantuan benih yang telah direalisasikan sebanyak 18.000 ekor benih. Pada  tahun 2016 bantuan benih gratis diserahkan sebanyak 8.000 ekor yang terdiri dari 4.000 ekor benih ikan Kakap Putih dan 4.000 ekor benih Ikan Kerapu Hibrid. Sementara pada tahun 2017 direalisasikan sebanyak 10.000 ekor yang terdiri dari 8.000 ekor Ikan Kakap Putih dan 2000 ekor Ikan Kerapu Bebek.

Program bantuan benih gratis tersebut adalah sebagai bentuk implementasi dari peran dan fungsi BBIP dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pembudidaya Ikan laut di KJA  khususnya dalam penyediaan benih ikan bermutu. Melalui program ini diharapkan pembudidaya ikan akan terbantu dari sisi penyediaan benih ikan bermutu  sehingga bisa mengurangi cost produksi, yang pada akhirnya bisa meningkatkan penghasilan pembudidaya. Selanjutnya melalui program ini juga diharapkan bisa meningkatkan motivasi pembudidaya untuk mengelola usahanya dengan baik, sehingga usaha budidaya ini bisa dikelola secara berkelanjutan. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kelautan Perikanan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat akan terus berupaya melakukan pembinaan kepada kelompok pembudidaya ikan, sehingga kedepan diharapkan tidak ada lagi kelompok pembudidaya yang KJAnya mangkrak karena kurangnya modal untuk pembelian benih ikan, semoga program ini bisa bermanfaat dan terus dilanjutkan seiring dengan peningkatan produktivitas dan kinerja UPTD BBIP Teluk Buo dimasa mendatang, Aaamiin yra.