MENDAMPINGI WAGUB DAN KEPALA DINAS KELAUTAN PROVINSI SUMATERA BARAT DALAM RANGKA PERESMIAN SENTRA KELAUTAN PERIKANAN TERPADU (SKPT) 2018, PENYERAHAN RUMAH NELAYAN DAN PASAR IKAN HIGENIS DI KAB. KEP. MENTAWAI
MENDAMPINGI WAGUB DAN KEPALA DINAS KELAUTAN PROVINSI SUMATERA BARAT DALAM RANGKA PERESMIAN SENTRA KELAUTAN PERIKANAN TERPADU (SKPT) 2018, PENYERAHAN RUMAH NELAYAN DAN PASAR IKAN HIGENIS DI KAB. KEP. MENTAWAI

Tanggal post: 25-01-2018, Jam 02:13 WIB | User: Budidaya


MENDAMPINGI WAGUB DAN KEPALA DINAS KELAUTAN PROVINSI SUMATERA BARAT DALAM RANGKA PERESMIAN SENTRA KELAUTAN PERIKANAN TERPADU (SKPT) 2018, PENYERAHAN RUMAH NELAYAN DAN PASAR IKAN HIGENIS

 

         A. Implementasi kegiatan Sentra Kelautan dan Perikanan  Terpadu (SKPT) di Kep. Mentawai (Sikakap) tahun 2017  yang telah dapat diselesaikan adl :

  1. Anggaran Tahun 2017 SKPT Mentawai ± 22 M, yang digunakan terkait dengan bidang Perikanan Budidaya, bantuan melalui anggaran SKPT berupa bantuan benih ikan kerapu untuk 26 pokdakan yang memiliki KJA HDPE, yang terletak di Pagai Utara dan Pagai Selatan, dengan jumlah benih = 32.500 ekor  Diinformasikan di awal  memang ada kematian, tetapi saat kunjungan sudah mengalami pertumbuhan yang baik.

 

  1. Diharapkan pembinaan intensif tentang teknis usaha budidaya ikan pada KJA dari Provinsi, terutama tentang serangan hama dan penyakit ikan. Dikatakan bahwa  pada umumnya petugas SKPT yang ada ,kurang memahami tentang budidaya kerapu untuk itu itu perlu dukungan provinsi dan kabupaten Mentawai.

 

  1. Untuk Tahun 2018, diinformasikan anggaran SKPT ke Sikakap naik menjadi 25 M. Hal ini dibutuhkan pendampingan dari provinsi. Untuk kelancaran pendampingan dan kesuksesan kegiatan terpadu ini dapat mempedomani Permen No. 48 tahun 2015 tentang pembangunan SKPT di Pulau-Pulau Kecil.

 

  1. Menyimak Informasi , sambutan dan pengarahan dari Bapak Dirjen PRL / Bupati/Wagub pada  waktu kegiatan , dapat diambil kesimpulan sbb :
  • Menyatukan pemahaman bahwa laut adalah masa depan Bangsa.
  • Program /Kegiatan pada SKPT merupakan  salah  satu cara mewujudkan mimpi  dalam rangka meningkatkan pembinaan dan mencerdaskan masyarakat pada daerah daerah tertinggal atau pulau2 terluar.  Sangat diharapkan masyarakat Kep. Mentawai betul-betul  mengambil manfaat yag sebesar-besarnya dari kegiatan ini guna kesejahteraannya.
  •  Banyak Rencana yang akan diwujudkan melalui Program/Kegiatan SKPT ke depan, seperti adanya pelabuhan di Kep. Mentawai dan lain- lainnya.
  • Kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten diminta dukungan yang sangat serius dan fokus serta komit  pada  rencana  yang telah dibuat. Tanpa dukungan Pemda Provinsi dan Kabupaten pasti semua sulit dapat diwujudkan.
  • Perlu satu pemahaman dan satu gerak langkah, bagaimana mengajak  dan menyakinkan  masyarakat memanfaatkan peluang ini, guna mengentaskan kemiskinannya.
  • Dihimbau kepada semua tokoh masyarakat se tempat mari grakan masyarakat pada kegiatan yang positif, tingkatkan kelembagaan yang ada atau bentuk lembaga masyarakat yg  kompak, bersatu.
  • Bantuan yang diberikan perlu dirawat, di pelihara di lestarikan guna meningkatkan kehidupan yang layak masyarakat  kep. Mentawai.

 

Kegiatan lain yang dilaksanakan ,meminta penyuluh membuat rencana tentang pengembangan nila kegiatan APBD TA 2018 di lokasi  Pagai Selatan. Mengingat sudah seharusnya tumbuh dan berkembang usaha budidaya di lokasi tersebut, mengingat lokasi yang jauh dari sumber protein dan pangan lainnya

By. Bidang Budidaya (R.A.Kartina Juita)