DANDRAMIL : DULU UPTD PPP SIKAKAP SEPERTI RUMAH HANTU KINI TERTATA RAPIH
DANDRAMIL : DULU UPTD PPP SIKAKAP SEPERTI RUMAH HANTU KINI TERTATA RAPIH

Tanggal post: 24-01-2018, Jam 04:02 WIB | User: Sikakap


Sikakap, (24012018) UPTD PPP Sikakap merupakan pelabuhan perikanan type c satu-satunya yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Pelabuhan Sikakap merupakan pelabuhan perikanan pantai yang sudah berdiri sejak tahun 1985 dimana pada waktu itu kementrian pertanian yang memiliki kewenangan dalam pengelolaannya. Keberadaan PPP Sikakap sangat penting bagi nelayan dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas penangkapan di perairan mentawai sebab pelabuhan perikanan sikakap menyediakan fasilitas yang cukup bagi kapal ikan yang melakukan pendaratan.

Sejak otonomi daerah UPTD PPP Sikakap di limpahkan kewenangannya kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat di bawah kendali Dinas Kelautan dan Perikanan. Sejak pelimpahan kewenangan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terus berupaya melakukan penataan pelabuhan. Dinas Kelautan dan Perikanan terus melakukan pembangunan melengkapi infrastruktur pelabuhan agar pelayanan kepada nelayan menjadi lebih baik.

Dahulu UPTD PPP Sikakap bagaikan rumah hantu, kumuh, kotor dan penuh dengan semak semak belukar, hal ini di sampaikan langsung oleh Dandramil Sikakap dalam sambutannya pada kegiatan pertemuan nelayan tanggal 15 Januari 2018, beliau menyebutkan “pertama kali saya ke sikakap, pelabuhan ini semak-semak, kotor seperti model rumah hantu, tapi sekarang Alhamdulilah pembanguann yang terus di dukung oleh Pemerintah Provinsi dan pusat kini pelabuhan tertata rapih, bersih dan banyak aktivitasnya”.

UPTD PPP Sikakap berkomitmen melakukan pembenahan dan penataan kearah yang lebih baik sehingga para pelaku perikanan senang dan merasa nyaman beraktivitas di pelabuhan, ucap kepal Pelabuhan, Wawa Wahyudi, S.Pt.M.Si.

 

by : Cici Anggara, S.Pi.MP