MANFAAT IKAN HIAS
MANFAAT IKAN HIAS

Tanggal post: 03-01-2018, Jam 07:50 WIB | User: P2hkp


Pembaca yang budiman…. Tahukan anda ???

Hasil penelitian terbaru mengungkap bahwa memiliki akuarium unik di dalam rumah bisa memberikan manfaat yang menyehatkan bagi para penghuni rumah, kenapa ?? karena dipercaya dapat memberikan kepuasan dan ketenangan. Apabila aquarium ditata dengan baik akan menenangkan fikiran orang yang melihat dan memandangnya serta menghanyutkan hati dalam kedamaian. Tentunya aquarium sedapat mungkin dihias sedemikian rupa dengan aneka tanaman hias air lalu didesain layaknya sebuah ekosistem perairan yang alami, tidak lengkap pula apalagi tidak ditambahkan dengan aneka ikan hias yang cantik menarik beraneka warna dan beraneka jenis.

Bunyi keciprak air dari gerakan-gerakan ikan dipercaya dapat merelaksasi syaraf syaraf yang tegang dan menghadirkan ketenangan batin yang signifikan, Ikan hias yang dipadukan dengan tanaman hias air dalam aquarium akan mampu meredakan ketegangan, mengendurkan syaraf-syaraf hingga menentramkan hati, bagaimana tidak gerak gerik alami ikan dalam air yang mengalir tenang tentunya akan menghanyutkan hati dan pikiran kita dalam kedaiaman, suara gerakan ikan berkolaborasi membentuk sebuah gelombang yang frekwensinya mendekati gelombang alpha, apabila didengarkan dapat beresonansi dengan gelombang otak dan membuat gelombang otak turun ke frekuensi alpha yang membuat tubuh dan fikiran jadi rileks sehingga dapat membantu mengurangi stress, kelelahan, hal tersebut terjadi karena pada saat otak kita berada pada frekuensi alpha maka akan terjadi peremajaan sel-sel dalam tubuh kita, yang menghadirkan perasaan rileks, tenang dan dapat memacu daya kreatifitas secara optimal.

Tentunya hal ini menjadi obat stress yang mujarab, kita akan lebih menyadari bahwa tuhan YME begitu kuasa menciptkan berbagai jenis ikan dengan keindahannya yang menyejukkan dan menenangkan hati dan fikiran, sehingga kesadaran spiritualitas kita pun terasah, untuk memahami dan mensyukuri kebesaran-Nya, disamping itu juga bisa meningkatkan imajinasi dan gairah untuk menciptakan sesuatu karena munculnya inspirasi.

Menurut para psikolog, bahwa manusia yang memiliki hewan peliharaan kemungkinan lebih kecil mengalami depresi dan cederung lebih bahagia, sementara dari segi medis, disebutkan bahwa orang dengan hewan peliharaan memiliki jantung yang lebih sehat, meredakan resiko stoke, darah tinggi, diabetes dan depresi, juga dapat digunakan sebagai salah satu media terapi bagi penderita Schizophrenia.

Orang yang gemar memelihara ikan dalam aquarium akan jauh dari sifat amarah dan emosional, karena dengan memelihara ikan kita senantiasa menyelami karakteristik ikan akan ikut merasakan atmosfir kesejukan dan ketenangan yang tercermin dalam kehidupan ikan, dalam kepercayaan masyarakat Asia Timur Raya khususnya Jepang dan China, sala satu ikan hias yaitu ikan Koi dipercaya sebagai pemberi keberuntungan bagai pemeliharanya, sifat ikan Koi yang lemah lembut dipercaya akan meningkatkan “CHI (energy baik) dan keberuntungan bagi pemeliharanya.

Tunggu apa lagi sobat, peliharalah ikan hias di aquarium di dalam rumah, niscaya kita akan mendapatkan manfaat yang berlipat ganda……….******

 

Penulis : Johanres.D, ST( PDSKP)                    Posted by : Susi Hardeni, S.Pi.,M.Si