KERJASAMA UPTD BBI SICINCIN DENGAN DINAS PERIKANAN KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI DI BIDANG PELATIHAN TEKNIS BUDIDAYA IKAN BAGI KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN (POKDAKAN)
KERJASAMA UPTD BBI SICINCIN DENGAN DINAS PERIKANAN KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI DI BIDANG PELATIHAN TEKNIS BUDIDAYA IKAN BAGI KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN (POKDAKAN)

Tanggal post: 27-12-2017, Jam 06:09 WIB | User: Kpsdkp


UPTD BBI Sicincin mempunyai tugas melaksanakan sebagian kegiatan teknis operasional dan / atau kegiatan teknis penunjang Dinas dibidang budidaya dan pembenihan ikan air tawar. Selain itu juga mempunyai tugas  memberikan pelatihan teknis dibidang budidaya ikan serta pembinaan terhadap Unit Perbenihan Rakyat (UPR) dan Pokdakan di Kabupaten /Kota di Provinsi Sumatera Barat.   UPTD BBI Sicincin bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Mentawai melaksanakan Diklat Pembenihan Tingkat Dasar Kelompok Simakakra Desa Muntei Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai“ di UPTD BBI Sicincin pada  tanggal 8 s.d 17 November  2017.  Pelatihan ini diikuti oleh anggota Pokdakan Simakakra sebanyak 10 orang.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan SDM Pokdakan  Kabupaten kepulauan Mentawai dibidang budidaya ikan air tawar. Meskipun Kabupaten Kepulauan Mentawai  terkenal dengan potensi dibidang kelautan namun potensi dibidang perikanan air tawar juga mempunyai peluang yang cukup besar. Potensi tersebut antara lain adalah tersedianya lahan budidaya ikan serta sumber daya air yang mengalir dari daerah hulu perbukitan Mentawai. Peluang tersebut kedepan akan di dikembangkan terus  oleh  Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Mentawai, guna memproduksi ikan air tawar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat  Mentawai, yang mana sebelumnya ikan air tawar untuk komsumsi didatangkan dari kota Padang.

Anggota Pokdakan Simakakra Desa Muntei Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai sangat antusias mengikuti pelatihan teknis budidaya ikan ini, mereka mempunyai keinginan yang besar untuk mengembangkan usaha budidaya ikan yang semula hanya bergerak dibidang pembesaran ikan nila kedepan berkembang ke usaha pembenihan. Permasalahan yang dihadapi selama ini adalah tingginya biaya transportasi untuk mendatangkan benih dari Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Padang serta resiko kematian terhadap benih dalam proeses transportasi ke Mentawai juga tinggi. Jika kedepan dilakukan pembenihan ikan air tawar di Mentawai dapat mengatasi masalah tersebut.

            Materi pelatihan yang diikuti  Kelompok Simakakra Desa Muntei Kecamatan Siberut Selatan di UPTD BBI Sicincin meliputi: teknik persiapan dan pengolahan dasar kolam pendederan, persiapan kolam pemijahan, pemeliharaan dan seleksi induk yang matang gonad, pemijahan ikan nila, lele, gurami dan ikan koki, pemeliharaan telur dan  larva, pendederan dan pembesaran calon induk ikan air tawar. Kerjasama dibidang pelatihan teknis budidaya ikan ini akan terus berlanjut kedepannya untuk  memajukan budidaya ikan air tawar di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Untuk lebih menggugah minat anggota Pokdakan Simakakra di lakukan kunjungan lapangan ke UPR Bina Mandiri yang bergerak dibidang pembenihan ikan Gurami dan ikan lele yang terletak di Nagari Lubuk Pandan, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman.