V-SAT JARINGAN INTERNET LENGKAPI FASILITAS DI UPTD PPP SIKAKAP
V-SAT JARINGAN INTERNET LENGKAPI FASILITAS DI UPTD PPP SIKAKAP

Tanggal post: 06-12-2017, Jam 11:40 WIB | User: Sikakap


Sikakap (7/12/2017), Dewasa ini, jaringan internet tidak lagi sulit ditemukan di banyak tempat. Di kota dan di desa, internet sudah dapat diakses dengan baik, hanya kecepatannya saja yang berbeda. Apalagi jika kita berada di wilayah ruang publik sudah banyak yang dilengkapi fasilitas jaringan internet. Pada ruang publik, umumnya jaringan internet diwujudkan dalam bentuk tanpa kabel atau wireless. Proses media pancarnya menggunakan protokol WiFi dan seringkali disebut dengan area hot spot. Hal ini mengakibatkan perkembangan internet berjalan dengan sangat cepat. Jaringan internet saat ini bukan lagi menjadi monopoli kalangan tertentu seperti kantor atau warnet.

Dengan adanya internet, dunia menjadi sebauh wilayah yang tanpa sekat ruang. Segala sesuatu bisa dilakukan dalam waktu bersamaan di internet dalam jangka waktu yang sama meskipun terpisah jarak yang cukup jauh. Hal inilah yang menyebabkan internet telah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian masyarakat, khususnya di negara-negara maju, bahkan juga di Indonesia kita tercinta. Semua sektor aktivitas bisa dikatakan membutuhkan jaringan internet untuk mendukung kegiatan mereka. Sektor ini mulai dari swasta, pendidikan hingga pemerintahan, dimana mereka sangat membutuhkan jaringan internet sebagai akses komunikasi. Dengan internet maka koordinasi dan komunikasi dapat berjalan dengan baik dan lebih efektif.

UPTD UPTD Sikakap sebagai instansi pemerintah yang menjalankan fungsi pelayanan publik di Pelabuhan Perikanan di tuntutu memberikan laporan-laporan berbasiskan jaringan internet seperti laporan kedatangan kapal, laporan hasil tangkapan di pelabuhan, One Data, laporan keuangan non tunai. Terlebih tahun 2018 telah di wacanakan laporan harian pegawai harus di sampaikan secara online. UPTD PPP Sikakap berada di Kab.Kepulauan Mentawai yang dikategorikan daerah terpencil. Jaringan handphone hanya ada satu provider dan jaringan internet masih Edge (E).

Sebagai instansi pemerintah UPTD PPP Sikakap terus berupaya dalam meningkatkan pelayanan publik yang berbasiskan jaringan internet. oktober tahun 2017 UPTD PPP Sikakap mendapatkan bantuan Hibah dari kementrian Komunikasi dan Informasi dalam pengadaan V-Sat Jaringan Internet yang di khususkan di pelabuhan perikanan. Saat ini UPTD PPP Sikakap telah mendapat fasilitas jaringan internet dalam bekerja, sehingga kerja-kerja yang berbasiskan internet bisa dilaksanakan di UPTD PPP Sikakap.

 

By : Cici Anggara, S.Pi.MP