UPTD PPP SIKAKAP TINGKAT KAN SARANA DAN PRASARANA PELABUHAN MELALUI PROGRAM SKPT
UPTD PPP SIKAKAP TINGKAT KAN SARANA DAN PRASARANA PELABUHAN MELALUI PROGRAM SKPT

Tanggal post: 06-12-2017, Jam 11:35 WIB | User: Sikakap


Sikakap (6/12/2017), Potensi kelautan dan perikanan pulau-pulau kecil di Indonesia sesungguhnya dapat dikelola dan dikembangkan sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi baru. Namun demikian, pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikan-an di pulau-pulau kecil masih sangat rendah disebabkan kegiatan-kegiatan yang ada belum ter-integrasi dan komprehensif. Sebagai contoh, hasil tangkapan nelayan tidak memberikan benefit yang besar karena lokasi pasar yang jauh, kualitas ikan rendah dan tidak punya nilai tambah karena ketiada-an infrastruktur. Untuk itu, diperlukan terobosan dengan menginisiasi program Pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu berbasis Pulau-pulau Kecil dengan penekanan pada pembangunan sarana dan infrastruktur penunjang serta sistem pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan secara berkelanjutan yang mengintegrasikan kegiatan pada sektor hulu (penyediaan bahan baku perikanan) dengan sektor hilir (pengolahan dan pemasaran), serta kelembagaan dalam suatu proses pembangunan kelautan dan perikanan.

Konsep pembangunan sentra kelautan dan perikanan didefinisi-kan sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah pinggiran yang bertumpu pada komoditas kelautan dan perikan-an melalui penyediaan sarana dan prasarana perikanan serta mendekatkan lokasi asal komoditas dengan pasar internasional. Adanya pembangunan sentra ini bertujuan untuk :i) meningkatkan konsum­si ikan nasional, ii) memperkuat ketahanan pangan nasional dan iii) meningkatkan ekspor perikanan dalam rangka meningkatkan de­visa negara dari sektor perikanan. Selain itu, juga diharapkan adanya nilai tambah produksi perikanan, mendekatkan produk perikanan ke pasar, dan diterima oleh konsumen secara lebih luas. Tahun 2017 Kementerian Kelautan dan Perikan-an (KKP) telah menetapkan menetapkan 12 wilayah sebagai lokasi Pembangunan Sentra Kelaut-an dan Perikanan Terpadu berbasis Pulau-Pulau Kecil yaitu natuna, saumalaki,marauke, nunukan, taalaud, murotai, biak numfor, timika, rote ndao, kota sabang, sumba timur termasuk kepulauan mentawai.

Salah satu lokus Program SKPT Kep.Mentawai adalah UPTD Pelabuhan Perikanan Pantai Sikakap yang sejak tahun 2016 telah di rencanakan. Pada tahun 2017 SKPT mentawai telah menata dan menambah sarana dan prasarana pelabuhan. Kegiatan SKPT tahun anggaran 2017 yag sudah dan sedang berjalan kegiatannya diantaranya Pengadan alat transfortasi pick-up roda 4, Jalan dan drainase (Lanjutan APBD), Pemasangan LTS (Lampu Tenaga Surya), Gapura, Pemasangan kunblok pelataran parkir pasar ikan, Pemasangan kunblok pelataran parkir pasar ikan, Filterisasi air bersih, Ice storage, Pembuatan Font SKPT dan Pelabuhan, Tempat sampah.

UPTD PPP Sikakap sebagai lokus program SKPT harus menjadi motor menciptakan sentra bisnis kelautan dan perikanan di wilayah mentawai sebaimana maksud dan tujuan KKP melalui program SKPT. Sentra bisnis yang dimaksud adalah sikakap menjadi pusat kegiatan dari hulu sampai hilir kegiatan perikanan sehingga mampu menghidupkan perekonomian masyarakat. Selain itu UPTD PPP Sikakap harus berperan dalam mengeluarkan Kab.kepulauan Mentawai dari daerah terpencil.

 

By : Cici Anggara, S.Pi.MP