KEPALA UPTD PPP SIKAKAP AJAK PEMILIK KAPAL MELENGKAPI IZIN PENANGKAPAN
KEPALA UPTD PPP SIKAKAP AJAK PEMILIK KAPAL MELENGKAPI IZIN PENANGKAPAN

Tanggal post: 11-08-2017, Jam 07:03 WIB | User: Sikakap


Sikakap (08/08/2017), Dalam rangka mendukung percepatan proses pendaftaran kapal perikanan serta mendorong upaya pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam menegak kan aturan tentang perizinan penangkapan ikan, kepala UPTD PPP Sikakap melakukan pertemuan kepada pemilik kapal perikanan di sikakap guna mengajak melengkapai dan mengaktifkan kembali perizinan penangkapan. Ajakan ini di tujukan kepada pemilik kapal yang berukuran 5-30 GT atau yang menjadi kewenangan perizinan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Ajakan ini juga berdasarkan intruksi  kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat bahwa setiap kapal perikanan yang menjadi kewenangan Pemprov Sumbar harus di daftarkan ulang.

Kegiatan ini berlangsung pada hari selasa tanggal 8 agustus 2017 bertempat di kantor UPTD PPP Sikakap dengan mengundang seluruh pemilik kapal perikanan yang berada di sikakap. Pemilik kapal perikanan yang di undang sebanyak 6 orang dengan total jumlah kapal yang di miliki sebanyak 7 kapal berukuran 7-10 GT. Pada kegiatan ini kepala UPTD PPP Sikakap Bapak Wawa Wahyudi,S.Pt.M.Si menyampaikan beberapa hal terkait kebijakan perizinan kegiatan penangkapan ikan. Beliau menyampaikan bahwa setiap kapal perikanan yang berukuran diatas 5 GT hingga 30 GT menjadi kewenangan perizinan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Oleh karenanya setiap pemilik kapal harus melakukan pendaftaran ulang ke KSOP yang ada di teluk bayur, lalu mengurus perizinan lainnya seperti Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI), Surat Izin Usaha Penangkapan Ikan (SIUP) dan Surat Izin Pengangkutan Ikan (SIKPI). Beliau menambahkan apabila pemilik kapal hingga bulan desember tahun 2017 tidak mendaftarkan ulang kapalnya maka kapal yang bersangkutan tidak akan tercatat sebagai kapal perikanan di Indonesia bahkan akan terjaring razia oleh pengawas perikanan dalam patroli laut.

Merespon apa yang telah disampaikan oleh kepala UPTD PPP Sikakap, para pemilik kapal sangat berterimakasih dengan informasi yang disampaikan, memang selama ini perizinan kapal sedang non aktif disebabkan akses informasi yang kurang tersampaikan di sikakap. Para pemilik kapal bersepakat minggu ke tiga bulan agustus ini akan melakukan pendaftaran kapal ke KSOP teluk bayur dan mengurus perizinan penangkapan ikan.

By : Cici Anggara,S.Pi.MP