UPTD PPP SIKAKAP SOSIALISASIKAN PROGRAM SENTRA KELAUTAN DAN PERIKANAN TERPADU
UPTD PPP SIKAKAP SOSIALISASIKAN PROGRAM SENTRA KELAUTAN DAN PERIKANAN TERPADU

Tanggal post: 11-08-2017, Jam 06:34 WIB | User: Sikakap


Sikakap (10/08/2017) Potensi kelautan dan perikanan pulau-pulau kecil di Indonesia sesungguhnya dapat dikelola dan dikembangkan sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi baru. Namun demikian, pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikan-an di pulau-pulau kecil masih sangat rendah disebabkan kegiatan-kegiatan yang ada belum ter-integrasi dan komprehensif. Sebagai contoh, hasil tangkapan nelayan tidak memberikan benefit yang besar karena lokasi pasar yang jauh, kualitas ikan rendah dan tidak punya nilai tambah karena ketiada-an infrastruktur. Untuk itu, diperlukan terobosan dengan menginisiasi program Pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu berbasis Pulau-pulau Kecil dengan penekanan pada pembangunan sarana dan infrastruktur penunjang serta sistem pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan secara berkelanjutan yang mengintegrasikan kegiatan pada sektor hulu (penyediaan bahan baku perikanan) dengan sektor hilir (pengolahan dan pemasaran), serta kelembagaan dalam suatu proses pembangunan kelautan dan perikanan.

Konsep pembangunan sentra kelautan dan perikanan didefinisi-kan sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah pinggiran yang bertumpu pada komoditas kelautan dan perikan-an melalui penyediaan sarana dan prasarana perikanan serta mendekatkan lokasi asal komoditas dengan pasar internasional. Adanya pembangunan sentra ini bertujuan untuk :i) meningkatkan konsum­si ikan nasional, ii) memperkuat ketahanan pangan nasional dan iii) meningkatkan ekspor perikanan dalam rangka meningkatkan de­visa negara dari sektor perikanan. Selain itu, juga diharapkan adanya nilai tambah produksi perikanan, mendekatkan produk perikanan ke pasar, dan diterima oleh konsumen secara lebih luas. Tahun 2017 Kementerian Kelautan dan Perikan-an (KKP) telah menetapkan menetapkan 12 wilayah sebagai lokasi Pembangunan Sentra Kelaut-an dan Perikanan Terpadu berbasis Pulau-Pulau Kecil yaitu natuna, saumalaki,marauke, nunukan, taalaud, murotai, biak numfor, timika, rote ndao, kota sabang, sumba timur termasuk kepulauan mentawai.

Dalam rangka mendukung program SKPT kab Kep mentawai UPTD PPP Sikakap bersama bidang PRL-PSDKP Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat mengadakan sosialisasi Program Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu Kabupaten Kepulauan Mentawai. Sasaran kegiatan ini kepada MUSPIKA, nelayan, dan kelembagaan yang mendukung program SKPT.  Sosialisasi ini bertujuan untuk menyamakan persepsi kepada pihak pengambil kebijakan di sikakap sebagai lokus pembangunan SKPT agar tercapai tujuan pembangunan yang merata, dan tepat sasaran, sehingga butuh masukan dari pemangku kepentingan di kecamatan sikakap.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari rabu tanggal 9 agustus 2017 bertempat di gedung pertemuan UPTD PPP Sikakap. Hadir sebagai narasumber kepala UPTD PPP Sikakap Bapak Wawa Wahyudi,S.Pt.M.Si dan kepala Sekretariat SKPT Kab Kepulauan Mentawai Bapak Yose Rizal Anwar,S.Pi.M.Si. dalam kesempatan itu, kepala UPTD memberikan penjelasan tentang kebijakan secara umum yanag berkaitan dengan pembangunan SKPT.  Sedangkan kepala sekretariat SKPT memberikan penjelasan teknis pembangunan SKPT hingga tahun 2019. diakhir kegiatan ini dilanjutkan dengan diskusi guna menampung saran dari para MUSPIKA, nelayan dan kelebagaan yang mendukung program SKPT.

By : Cici Anggara,S.Pi.MP